oleh

Ini Dia Pejabat Paling Banyak Bertanda Tangan

KOMENTAREN.NET, Manado – Mau tahu siapa pejabat pemkot yang paling banyak membubuhkan tanda tangan? Jawabnya adalah Julises Oehlers SH. Mendapat kepercayaan Walikota Manado GS Vicky Lumentut sebagai Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil sejak dua tahun lalu, Oehlers mengaku sudah menandatangani 200 ribu lebih berkas.

“So lebih 200 ribu tanda tangan. Itu untuk semua. KTP, KK, berbagai akta termasuk KIA, kartu identitas anak,” celoteh Oehlers sembari tersenyum kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (05/07) lalu.

Bila dibandingkan dengan pejabat lain, termasuk Kadis PM-PTSP atau perizinan dan kepala keuangan, jumlah pembubuhan tanda tangan Oehlers masih jauh lebih banyak. Sebab saban hari ada puluhan atau bahkan ratusan berkas administrasi kependudukan yang berada di meja kerjanya untuk ditanda tangai. Belum lagi berkas administrasi kantor.

Meski demikian, Oehlers mengaku enjoy dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Sebelum membubuhkan tanda tangan, menurutnya berkas yang masuk telah diteliti dari para pejabat dan staf di bidang masing-masing. Selain itu, sebelum ditanda tangani, berkas yang masuk juga pasti ditelitinya lagi. “Jadi nyanda asal tanda tangan. Bahaya itu,” celetuknya. Di satu sisi, pekerjaannya untuk menandatangani berkas saat ini diakuinya menjadi lebih berkurang. Ini menyusul KK atau kartu keluarga tidak lagi ditanda tangani melainkan menggunakan barcode. Selain itu, KTP juga sudah tidak ditanda tangani. “Tapi menuju proses pencetakan, ada tanda tangan dari saya sebagai rekomendasi meski hanya paraf,” tukas birokrat low profile ini.(yha)