oleh

Ini Cerita Kecil Fabian Kaloh Soal Almarhum SHS

Komentaren.net – Sosok Almarhum Sinyo Harry Sarundajang (SHS) membuat banyak politisi dan birokrat kagum. Salah satunya, adalah mantan Birokrat yang saat ini anggota DPRD Sulut, Fabian Kaloh.

Dirinya menceritakan pengalaman saat menjadi Camat Bitung Timur di saat kedatangan 12.000 pengungsi Maluku ke Bitung. Menurut Kaloh, almarhum SHS sangat teliti dan pekerja keras.

“Saya jadi Camat saat 12.000 Pengungsi Maluku tiba di Pelabuhan Bitung dan ditempatkan di beberapa lokasi camp pengungsian termasuk Kodim dan Secata B Wangurer. Saya ingat perintah beliau (Alm, SHS) karna pelabuhan Bitung wilayah Bitung Timur, beliau bilang ;”Camat karna kapal pengungsi tidak pasti jam datangnya, Camat tunggu 1X24 jam di Pelabuhan dan beberapa titik lain tempat kapal sandar, jangan tidur, karna tidak boleh ada 1-pun pengungsi yang tercecer, semua harus bawa di camp”. Hebatnya lagi semua camp pengungsi didatanginya, untuk menenangkan hati pengungsi yang lagi sedih, takut dan cemas, ungkap Kaloh

“Saya ingat kata-kata beliau, kalian aman di Kota Bitung, kami akan menjaga dan urus kalian semua, tapi juga jangan bawa emosi kalian dari sana ke Kota Bitung ini.”
Sangat serius dan tulus beliau mengurus Pengungsi dan mungkin karna itu juga beliau dipercayakan Presiden saat itu Ibu Megawati Soekarnoputri jadi Pj Maluku dan Maluku Utara tahun 2002,”sambungnya.(mon)