oleh

HUT Manado ke-397, Momen Terakhir GSVL-Mor

PERAYAAN Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Manado ke-397 diperingati lewat sidang paripurna istimewa di DPRD Kota Manado, Selasa (14/07/2020). Paripurna HUT Kota Manado ini merupakan kebersamaan yang terakhir kali bagi Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan dalam merayakan HUT Kota Manado.

Pasalnya, tahun depan 2021, keduanya sudah harus meletakkan jabatan pada Mei 2021. Menariknya, perayaan bersama yang terakhir GSVL-Mor sebagai top eksekutif ini, terbilang spesial. Spesial karena keduanya merayakan HUT Kota Manado di tengah pandemi, dimana prosesi sidang paripurna harus mengedepankan protokol kesehatan saat perayaan di gedung serbaguna Kota Manado, Selasa (14/07/2020).

Ruang gedung itu sendiri diatur dengan memperhatikan psychal distance, dimana tempat duduk dan mejanya berjarak. Jumlah orang yang hadir juga sengaja diminimalisir. Tamu lainnya hanya bisa ‘hadir’ lewat daring virtual atau mengikuti via live streaming.

Pada momen dan spesial itu, GSVL dan Mor yang didampingi istrinya masing-masing. Jalannya proses yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ini, diakui Walikota GS Vicky Lumentut.  

“Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-397 kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19,” ungkap GSVL. Meski begitu, walikota bersyukur karena kegiatan tetap digelar dengan membatasi kehadiran orang.  

Menariknya, dalam kesempatan itu, GSVL dan Mor menyatakan ajakan bersama kepada masyarakat Kota Manado, agar bersatu, bergotong royong dalam menghadapi masa sulit di tengah pandemi. Walikota juga kembali mengingatkan, agar masyarakat bisa lebih patuh dalam menjalankan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19.  

“Saya tidak pernah bosan mengingatkan agar jangan lupa pakai masker, sering cuci tangan, menjaga jarak dan jangan dulu berkumpul karena akan menjadi penyaluran yang sangat cepat di kota ini,” kata GSVL.

“Bersama Torang Bisa, dalam kembali menata dan menumbukan sektor ekonomi menuju masyarakat produktif dan mandiri di tengah pandemi covid-19 ini, sehingga ekonomi kerakyatan tetap berjalan. Bersama Torang Bisa, memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Bersama Torang Bisa, sukseskan pelaksanaan Pilkada serentak Desember 2020 mendatang dan jangan terpengaruh dengan berita hoaks di media sosial. Tuhan Memberkati Torang Semua,” pesan Vicky.

Seperti diketahui, di Pilkada Kota Manado yang akan digelar Desember 2020, Mor Bastiaan yang saat ini menjabat Wakil Walikota, akan maju sebagai Calon Walikota. Dia digadang-gadang akan berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw (HJP). Dan salah satu penantang adalah Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR), istri dari GSVL. JPAR akan berduet dengan Harley Mangindaan. (vil/*)