oleh

Hipertensi, Stroke dan Jantung ‘Penyumbang’ Korban Jiwa Terbanyak di Mitra

KOMENTAREN.NET, Ratahan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan TP-PKK Minahasa Tenggara melaksanakan kegiatan sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim kepada Peserta PKK dan Kader Kesehatan, Selasa (25/06) di sport hal kantor bupati.

Kepala Dinas Kesehatan dr Helni Ratuliu mengatakan, ini merupakan bukti komitmen bagi suksesnya pembangunan kesehatan di tanah air khususnya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kanker leher rahim di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Secara global dan nasional kita dihadapkan masalah kesehatan baik penyakit menular dan penyakit tidak menular serta penyakit kanker semakin meningkat, penyakit tidak menular telah meningkat tajam seiring dengan perubahan gaya hidup dan perilaku tidak sehat masyarakat,” kata Helny.

Lanjutnya, Kabupaten Mitra pada tahun 2014 bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unsrat melaksanakan Kegiatan deteksi dini kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA.

“Namun disayangkan tingkat partisipasi masyarakat masih sangat kurang, sehingga dari tahun ke tahun angka kematian yang disebabkan penyakit tidak menular meningkat diantaranya Hipertensi, Stroke, di­abetes Miletus, Jantung dan lainnya,” beber Helny.