oleh

Hampir Ribuan Anggota PKH Hadiri Graduasi Mandiri PKH di Sari Cakalang

KOMENTAREN.NET, Bitung – Hampir ribuan peserta Program Keluarga Harapan (PKH) menyemut hadir pada acara Graduasi Mandiri PKH yang dilaksanakan di lapangan Sari Cakalang di Kota Bitung belum lama ini.

Hadir langsung pada acara akbar ini Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw SE bersama Wakil Walikota Ir Maurits Mantiri MM, Kapolres Bitung AKBP Stevanus Tamuntuan  MSi serta Asisten 1 Provinsi Sulut Drs Edison Humiang MSi dan Kadis Sosial Sulut dr Rinny Tamuntuan serta Kadis Sosial Pemkot Bitung dan jajaran pejabat PKH. Menariknya dalam acara Graduasi ini ada 38 penerima PKH yang sudah menyatakan mundur karena sudah keluar dari jaring kemiskinan.

Wagub mengapresi puluhan penerima PKH yang menyatakan mundur sebagai penerima secara sukarela. “Keluar dari kemiskinan tergantung dari diri sendiri. Bantuan dari pemerintah tidak selamanya diberikan, makanya harus ada upaya untuk keluar dengan jalan bekerja, bekerja dan bekerja,” katanya.

Steven juga menjelaskan soal jenis kemiskinan yakni kemiskinan situsional, struktural dan kultural serta absolut. “Saya yakin di Kota Bitung jenis-jenis kemiskinan itu sudah tidak ada. Kalaupun masih ada itu hanya kemiskinan absolut yakni susah mendapatkan air bersih dan aliran listrik,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim Koordinasi Pengentasan Kemiskinan Daerah (TKPKD) kota Bitung, Ir Maurits Mantiri mengatakan, Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan program pemerintah pusat, sukses membuat orang keluar dari kemiskinan. Hal itu dikatakan Mantiri saat pelaksanaan Graduasi Mandiri PKH pada Selasa (22/10/2019) di lapangan Sari Cakalang, Bitung.  “Program PKH ini sangat baik karena dapat membuat orang keluar dari kemiskinan, dengan berbagai bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat,” ujar Mantiri.

Pada pelaksanaan graduasi ada puluhan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Bitung dinyatakan mundur. Penerima itu secara sukarela memutuskan mundur menerima bantuan PKH dan memutuskan untuk mandiri.

Hal itu disampaikan Kadis Sosial Pemprov Sulut, Rinny Tamuntuan saat membacakan laporan di acara Family Gathering dan Graduasi Mandiri Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Lapangan Sari Cakalang, Selasa (22/10/2019). “Di Kota Bitung ada 38 penerima yang mundur dari 544 KPM dan kita berharap makin banyak keluarga penerima yang bisa mandiri berkat program PKH,” kata Rinny.

Diakhir acara Wagub membagikan berbagai hadiah kepada warga PKH melalui quiz yang disampaikannya serta membantu kursi roda dalam membantu warga disabilitas dan warga miskin.(nan)