oleh

Gubernur Olly Koleksi Uang Rp75.000 HUT RI, Ini Istimewanya Uang Tersebut

Joune

 KOMENTAREN.NET – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menjadi salah satu orang pertama di Indonesia yang mengoleksi uang Rp75.000 edisi khusus HUT RI ke-75, bertepatan di hari bersejarah bangsa Indonesia 17 Agustus 2020. Peluncuran uang 75 tahun RI yang diinisiasi Kemenkeu dan Bank Indonesia itu terbilang istimewa. Lalu apa saja yang membuatnya istimewa?   

Pertama, nominal uang Rp75 ribu dalam lembaran kertas merupakan yang pertama dicetak di Indonesia. Dan uang edisi khusus yang dikaitkan dengan HUT Proklamasi RI, selang 75 tahun Indonesia merdeka baru 4 kali dibuat BI.

Pencetakan uang edisi khusus pertama kali dibuat guna memperingati HUT ke-25 RI tahun 1970 silam. Berikut pada HUT ke-45 RI tahun 1990, dan HUT ke-50 RI tahun 1995.  Dan uang khusus HUT RI selama ini terbuat dari logam dan emas. Baru kali ini uang edisi khusus dicetak dalam kertas.

 Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, uang edisi khusus HUT RI dibuat setiap 25 tahun. Dengan demikian, uang edisi khusus HUT RI berikutnya baru akan diluncurkan kembali pada HUT RI ke-100, atau 25 tahun mendatang.

” Insya Allah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali,” ungkap Perry dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, Senin (17/08/2020).

Uang lembar kertas Rp75.000 yang diterima Gubernur Olly hanya dicetak terbatas. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, uang itu hanya dicetak 75 juta lembar.

“Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nomimal Rp 75 ribu dengan jumlah lembar yang dicetak 75 juta lembar. Ditandangani oleh menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI,” ungkap Sri Mulyani.

Istimewanya, uang edisi khusus yang diterima Gubernur Olly dari Kepala BI Sulut dilengkapi unsur pengaman tingkat tinggi, sehingga tidak mudah dipalsukan.

“Ini sudah dilengkapi unsur pengaman teknologi tinggi terbaru, dan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi ini ditujukan agar rupiah semakin dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman digunakan, dan lebih sulit dipalsukan,” tutur Sri Mulyani.

Pada halaman muka uang lembaran Rp 75.000 berwarna merah, putih, hijau. Terdapat gambar peristiwa proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 oleh proklamator dan Presiden RI ke-1 dan wakilnya, Soekarno dan Mohammad Hatta, pada uang tersebut.

Apakah masyarakat umum bisa mendapatkan uang ini? Pihak BI memastikan masyarakat Indonesia bisa memperoleh dan menukarkan uang rupiah edisi khusus yang dicetak terbatas ini. BI telah mendistribusikan uang kemerdekaan ke seluruh kantor-kantor Bank Indonesia untuk bisa ditukar dan diedarkan ke masyarakat.

Namun untuk penukarannya perlu diorder via online dulu dengan mengklik  https://pintar.bi.go.id di situs resmi BI. Dan satu KTP hanya boleh menukar satu lembar uang tersebut. (vil/sbr)