oleh

Di Minsel, Gubernur Olly Beri Motivasi Mahasiswa Politeknik Pelayaran Sulut

Amurang, KOMENTAREN
Motivasi dan semangat disampaikan
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey di hadapan mahasiswa Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara di Kabupaten Minahasa Selatan, Selasa (07/07/2020).

Gubernur Olly didampingi Wakil Bupati Minsel Franky Wongkar mengatakan, agar para mahasiswa berani untuk bermimpi guna meraih cita-cita di masa depan yang gemilang.

“Saya kira harapan saya kepada ade-ade semangat itu perlu, cita-cita itu perlu dan mimpi juga perlu. Mimpi mau jadi kapten kapal apa, mimpi mau jadi apa,” tukas Olly.

Ditegaskannya, bermimpi besar untuk masa depan yang lebih baik, akan memacu semangat belajar yang keras demi membahagiakan orang tua.

“Sekali lagi kita ingatkan, ngoni harus siap betul-betul, bermimpi yang bagus-bagus. Mimpi indah pasti mantap. Kalau mimpi nda sedap, odoh bangun pagi saki kapala. Begitulah kehidupan torang, musti mimpi pasti torang dapa itu mimpi-mimpi itu supaya harapan orang tua jauh-jauh kase sekolah kamari, kage ada yang so jual kobong kong kase skolah kong gagal. Belajar bae-bae, karena kesempatan ini ada karena pusat perhubungan wilayah timur dan tengah dorang somo taruh di Bitung, sehingga jalur kapal ini sangat baik,” ungkap Olly.

Gubernur Olly menerangkan bahwa posisi perairan Sulut strategis untuk jalur pelayaran, sehingga membutuhkan SDM lulusan Politeknik Pelayaran.

Sulut juga telah ditetapkan pemerintah pusat menjadi super hub kawasan timur, sehingga nantinya setiap kapal dari luar harus melewati Bitung sebelum melanjutkan ke rute lainnya.

“Jadi torang harus berbangga kalau di sini ada putra, putri dari Sulut. Torang berbangga karena torang so nda perlu pi jauh-jauh ke Makassar, jauh-jauh ke Papua, jauh-jauh ke Jakarta karena Sulut 5 taon depan torang so ada pelabuhan marina, pelabuhan perikanan. Karena mo bangun besar disana pusat industri perikanan karena Kawasan Ekonomi Khusus di Bitung, pemerintah kase pa Sulut untuk salah satu Kawasan Ekonomi Khusus Industri Perikanan. Nanti ini akan banyak sekali kapal-kapal ikan yang besar di sana. Jadi ngoni jang tako kekurangan pekerjaan, belajar bae-bae karena ke depan Sulut akan menjadi pusat Industri Perikanan dan Transportasi,” tandas Olly. (vil/*)