oleh

GMIM Alpha Omega New York-New Jersey Rayakan HUT Ke-6. Ini Sejarahnya !

New Jersey, KOMENTAREN.NET- PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 Jemaat GMIM Alpha Omega New York-New Jersey yang jatuh pada tanggal 27 November 2022, dirayakan lewat Ibadah Syukur yang dilaksanakan di Gedung Gereja Presbiterian Avenel, New Jersey, Amerika Serikat (AS), Minggu (28 November 2022) waktu setempat.

Perayaan HUT jemaat turut dimeriahkan dengan lomba Cerdas Cermat Alkitab.

Ibadah yang dipimpin Pdt Ny Astred Suwuh-Oley STh MSi ini berlangsung khusyuk. Usai khotbah, turut dibacakan sejarah singkat berdirinya GMIM Alpha Omega oleh Sekretaris BPMJ GMIM Alpha Omega, Pnt Calvin Tajujung.

Ide awal berdirinya jemaat GMIM di USA terlebih khusus wilayah New York dan New Jersey ini, berawal pada Tahun 2016. Saat itu sekitar 20 warga GMIM yang berada di AS memprakarsai sejumlah pertemuan, baik di Queens New York (NY) dan di Avenel New Jersey (NJ).

Selain beribadah, mereka pun mendiskusikan tentang memulai jemaat gereja baru di bawah Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) yang dikhususkan masyarakat Minahasa yang merantau di Amerika

Serikat, khususnya di NY dan NJ. Salah satu kekhawatiran mereka di AS, sulit menemukan gereja yang berbahasa Inggris dan Indonesia.

Para warga kawanua di Negeri Paman Sam ini mempunyai kerinduan untuk beribadah dengan liturgi GMIM, dimana sebelumnya mereka berasal dari jemaat-jemaat GMIM di tanah Minahasa. Di samping itu juga, ada kekuatiran orangtua tentang anak-anak yang dibesarkan di

lingkungan yang skeptis tentang masalah iman di AS. Mereka berharap melalui GMIM, anak-anak akan menemukan jawaban tentang iman mereka, dan mereka akan dapat tetap terikat pada akar mereka sebagai orang Minahasa.

Kerinduan dan aspirasi mereka mulai terjawab, ketika Pdt Dr HWB Sumakul yang terpilih sebagai Ketua BPMS GMIM melakukan pertemuan dengan warga GMIM di AS ini. Pdt Sumakul pun datang langsung ke AS. Setelah melalui berbagai pertemuan dan diskusi, tercetus rencana untuk membuka jemaat GMIM di New York-New Jersey. Namun saat itu hambatan utama yang menghadang, bahwa dalam tata gereja GMIM dilarang membuka gereja di luar tanah Minahasa, apalagi di luar negeri.

Dan nanti pada Tahun 2016 (17-18 Mei), Sidang Istimewa Sinode GMIM di Tondano, Minahasa – Indonesia, menyatakan berdasarkan keputusan mayoritas pemilih adanya amandemen Tata Gereja GMIM.

Sebuah artikel ditambahkan ke eklesiologi GMIM, bahwa dari hanya gereja lokal, menjadi gereja lokal dan global. Keputusan ini memungkinkan GMIM untuk membuka gereja di luar tanah Minahasa.

Tiga hari setelah Thanks Giving Day di AS Tahun 2016, gerakan ini semakin mendesak, sehingga kebaktian pertama pun dimulai pada hari Minggu 27 November 2016, bertempat di Korean Presbyterian Congregation, Queens, NY.

Pada saat itu, Pdt HWB Sumakul

menahbiskan 5 Penatua dan 3 Syamas untuk melayani jemaat “mula-mula” tersebut. Sehingga Tanggal 27 November 2016 itu menjadi sejarah hari berdirinya jemaat dengan nama GMIM New York-New Jersey.

Pada Musim Gugur 2017, setelah beberapa kali berpindah tempat ibadah, dari gereja ke rumah-rumah, tepatnya pada Hari Minggu 26 Februari 2017, menjadi hari pertama ibadah jemaat ini dilaksanakan di Kapel Gereja Presbiterian Avenel di New Jersey. Semenjak saat itu sampai sekarang ini, Jemaat GMIM di New York – New Jersey ini menyewa tempat tersebut.

Tahun 2017, ketika jemaat merayakan HUT 1 berdirinya GMIM tersebut, diadakanlah sayembara untuk penamaan jemaat. Sistemnya, setiap anggota jemaat mengusulkan nama untuk cikal-bakal nama jemaat GMIM di wilayah New York-New Jersey tersebut. Dan ternyata nama “Alfa Omega” paling banyak diusulkan, sehingga pada Minggu 6 Agustus 2017, nama GMIM “Alfa Omega” New

Jersey – New York secara resmi digunakan. Namun karena beberapa pertimbangan, terutama mengenai legalisasi

pendirian organisasi di Amerika Serikat, maka pada Tahun 2019 Majelis Jemaat memutuskan untuk mendaftarkan gereja ini sebagai

organisasi nirlaba ke Departemen Perbendaharaan di Negara Bagian New Jersey.

Dan nama dengan ejaan Bahasa Indonesia “Alfa Omega” disesuaikan dengan Bahasa Inggris menjadi GMIM “ALPHA OMEGA” INC yang secara resmi terdaftar, sehingga nama Jemaat GMIM Alpha Omega New Jersey-New York ini terus dipakai sampai saat ini.

Pnt Calvin Tajujung dalam membacakan sejarah jemaat menyebutkan, Jemaat GMIM “Alpha Omega” New Jersey – New York membagi jemaatnya menjadi dua kelompok pelayanan, yakni kolom 1 yang berdomisili di wilayah New York, dan Kolom 2 untuk yang berada di area New Jersey. “Dan berdasarkan sensus Tahun 2021, jumlah anggota jemaat yang aktif sebanyak 69 orang dari 34 keluarga, dengan rincian sebagai berikut: 23 pria, 24 wanita, 17 pemuda, 4 remaja dan 1 ASM.

Sedangkan Ketua BPMJ GMIM Alpha-Omega, Pnt Audy Lumangkun dalam sambutannya menyatakan, syukur kepada Tuhan Yesus bahwa Jemaat GMIM Alpha-Omega bisa merayakan HUT Jemaat ke-6. Dia menyatakan optimis dan yakin bahwa jemaat ini akan terus bertumbuh baik secara kuantitas dan kualitas keberimanan.

Pnt Lumangkun juga menyatakan terima kasih banyak kepada Pendeta Pelayan dan seluruh Pelsus bersama anggota jemaat yang telah bersama-sama memberi diri untuk kemajuan jemaat GMIM Alpha Omega demi hormat dan kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus, Sang Kepala Gereja.

Dalam kesempatan perayaan HUT ke-6 yang ditandai penyalaan lilin HUT itu, turut juga digelar lomba cerdas cermat Alkitab dan Peragaan Busana Gerejawi setelah sebelumnya seluruh anggota jemaat jamuan kasih bersama. Acara ini juga turut diikuti sejumlah anggota jemaat dari GMIM Musafir Columbos Ohio. Adapun susunan BPMJ GMIM Alpha-Omega New Jersey-New York saat ini yakni,

Penasihat Jemaat:

  1. Bpk. Max Runtu
  2. Bpk. Jeffry Malonda

Ketua: Pnt. Audy Lumangkun

Wkl. Ketua: Pnt. Robby Rantung

Sekretaris: Pnt. Calvin Tajujung

Bendahara: Pnt. Mieke Lumangkun-Merentek

Pendeta Jemaat: Pdt. Astred Suwuh-Oley, S.Th., M.Si.

Kolom I:

Pnt. Alfrits Monintja

Dkn. Rosalin Monintja-Masinambow

Kolom II:

Pnt. Robby Rantung

Dkn. Yudi Pantolongan

Pria/ Kaum Bapa: Pnt. Audy Lumangkun

Wanita/ Kaum Ibu: Pnt. Mieke Lumangkun-Merentek

Pemuda – Remaja – ASM: Pnt. Calvin Tajujung

(fp*)