oleh

Genap Setahun Pimpin DPRD Sulut, Ini Dua Ketukan Palu Andi Silangen Yang Akan Diingat Masyarakat

KOMENTAREN.NET- Selasa (26/10/2021), dr Andi Silangen genap setahun pimpin lembaga DPRD Sulut. Sejumlah prestasi telah dilakukan terlebih memaksimalkan fungsi lembaga DPRD Sulut.

Menariknya, ada dua ketukan palu Andi Silangen saat pimpin rapat paripurna yang akan diingat masyarakat Sulut.

Pertama yakni 16 Februari 2021 silam dimana Andi Silangen mengetuk palu dengan tegas dan resmi sebagai keputusan DPRD untuk memberhentikan jabatan wakil ketua DPRD Sulut atas nama James Arthur Kojongian atas rekomendasi Badan Kehormatan karena dinilai melanggar kode etik DPRD Sulut.

Ketukan palu kedua  19 Mei 2021 disaat Andi Silangen menetapkan Perda Inisiatif dewan yakni Perda Fakir miskin dan anak terlantar dimana sudah tujuh tahun DPRD “puasa” soal perda insiiatif dewan.

Penetapan Perda inisiatif dewan itu menampilkan dan membuktikan fungsi legislasi DPRD tidak “mandul”.

Begitupun Fungsi budjeting, dimana peran Badan Anggaran DPRD dibawah kepemimpinan Andi Silangen selalu tampil kritis dalam setiap pembahasan anggaran dengan pihak eksekutif dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Soal fungsi pengawasan, berbagai alat kelengkapan dewan baik komisi maupun lainnya selalu nampak dalam setiap rapat dengar pendapat serta kunjungan lapangan.

Satu hal baru juga dimasa kepemimpinan Andi Silangen, setiap hari senin DPRD Sulut rutin melaksanakan ibadah bersama sekretariat DPRD.

Andi Silangen juga sukses membentuk forum pimpinan DPRD se-Sulut dengan tujuan utama membangun sinergitas antar lembaga demi satu tujuan yakni mewujudkan kepentingan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai Ketua DPRD, Andi Silangen sadar betul akan tugas dan tanggung jawab sebagai Pemimpin di lembaga politik.

Bahkan, dalam kerja bersama dengan Legislator lain yang tentunya dari partai politik berbeda, Silangen terus berusaha merangkul semua Anggota Dewan.

Bukan hanya itu, sebagai Ketua Dewan, dr.Andi Silangen tidak pernah membatasi ruang dari Anggota Dewan dalam menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Ditemui sejumlah awak media untuk diwawancarai, Silangen mengungkapkan harapan kedepan sebagai Wakil Rakyat lebih memaksimalkan, lebih efektif, efisien, dan lebih terarah.

“Satu tujuannya untuk kepentingan rakyat,” ucap Silangen kepada wartawan, selasa (26/10/2021) di ruang kerjanya.(mon)