oleh

Gempa 6,2 Magnitude Goyang Manado dan Sekitarnya

Joune

KOMENTAREN.NET, MANADO – Kota Manado dan sekitarnya kembali digoyang gempa, Minggu (24/03) sekitar pukul 12.37 Wita.

Sesuai analisis BMKG, gempa menunjukkan kekuatan 6,3 magnitude yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi 6,2 magnitude. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,71 LU dan 126,36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 133 km arah timur Kota Bitung, Sulawesi Utara di kedalaman 61 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, ini merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas deformasi lempeng laut Maluku. Patut disyukuri bahwa meskipun pusat gempa berada di laut, gempa bumi ini kekuatannya tidak cukup besar sehingga tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG dalam rilis resminya, Minggu (24/03).

Selain Kota Manado dan Bitung, gempa dilaporkan turut dirasakan di Wilayah Jailolo, Weda ,Ternate, Tondano, Tahuna, Siau, Bolaang Uki serta wilayah sekitarnya. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi di Instagram/Twitter @infoBMKG dan website http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.(yha/bmkg/*)