oleh

Gagal Wakili Sulut ke DPR, Jerry Sambuaga jadi Wakil Menteri

GAGAL menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024 dari dapil Sulut, Jerry Sambuaga berkiprah di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf sebagai Wakil Menteri Perdagangan. Politisi Golkar yang juga putera Theo Sambuaga ini mengaku ditugaskan untuk fokus pada perdagangan dan perjanjian internasional di Kementerian Perdagangan, mendampingi Menteri Agus Suparmanto.

Pria kelahiran 2 Juli 1985 ini pernah berkiprah sebagai anggota DPR di periode 2014-2019. Namun dalam Pemilu 2019, dia kalah bersaing dengan Adrian Jopie Paruntu untuk mewakili Sulut duduk di parlemen.

Perannya di Partai Golkar sendiri cukup kuat. Ia sempat mengemban sejumlah posisi, mulai dari Wakil Ketua Umum DPP AMPI, Wakil Sekjen DPP Golkar sampai menjadi Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Wilayah Sulawesi Utara Gorontalo DPP Golkar.

Jerry memiliki latar belakang pendidikan gelar Doktor dari Ilmu Politik di Universitas Indonesia, Master of International Affairs in International Security Policy di Colombia University dan Bachelor of Arts in Politics di University of San Francisco, AS, Jerry kini tercatat sebagai pengajar di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Dalam ranah profesional, Jerry memiliki sebuah perusahaan konsultasi, yakni The Zoom Strategist. Melalui perusahaan ini Jerry menawarkan jasa mengkaji kebijakan dan strategi dalam bidang politik. (cn/sbr)