oleh

Empat Paslon Mendaftar, Persaingan di Pilkada Manado Ketat

KPU Kota Manado telah menerima berkas pendaftaran empat bakal calon pasangan (bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Manado tanggal 4-6 September 2020.

Nantinya ada tahapan lanjutan baik pemeriksaan kesehatan dan lainnya, sampai pada penetapan bakal calon menjadi calon Walikota dan Wakil Walikota Manado 2020-2024.

Pertarungan empat bapaslon di Manado disebut-sebut bakal seru. Kekuatan cukup merata.

PDIP Perjuangan dan Partai Gerindra mengusung Andrei Angouw-Richard Sualang (AA-RS). Dua kader potensial PDIP itu memiliki modal besar.

Andrei Angouw adalah legislator Sulut 3 Periode. Bahkan pada Pileg 2019, AA meraih suara 33 ribuan, terbanyak dari Dapil Kota Manado. Saat ini Angouw adalah ‘pemilik DB 3’ atau Ketua DPRD Sulut.

Pasangannya, Richard Sualang adalah politisi petarung yang saat ini juga anggota DPRD Sulut dapil Kota Manado. Sualang adalah sosok penting kemenangan PDIP di Manado saat Pileg lalu.

Dia juga mempunyai senjata andalan yakni mesin partai PDIP Manado, baik PAC-Ranting dan Anak ranting yang solid dan loyal serta pekerja keras. Saat Pileg 2019, RS memiliki modal 16 ribuan suara. Kombinasi AA-RS tentu sangat diperhitungkan.

Pasangan calon kedua yakni Mor Bastian dan Hanny Jost Pajouw (MOR-HJP) yang diusung Partai Demokrat dan PAN.

Mor Bastian yang juga andalan Partai Demokrat saat ini adalah wakil walikota Manado. Mor terus mendapat simpati luar biasa dari masyarakat. Sosok pendiam namun pekerja keras serta loyal tertanam pada dirinya.

Pendamping Mor adaah Hanny Jost Pajouw. HJP, begitu dia disapa adalah petarung tak kenal kata menyerah. Dua kali ikut Pilkada Manado yang pertama berpasangan dengan Anwar Panawar kemudian di Pilkada 2015 silam HJP justru diusung PDIP bersama Tonny Rawung.

Namun, dua Pilkada belum memihak kepada Ass Bendahara PKB Sinode GMIM ini. Diyakini, HJP masih memiliki pengikut setia dan loyal karena saat Pileg 2014 silam, HJP diutus PG dan meraih suara terbanyak di dapil Manado.

Pasangan ketiga adalah Julyeta Paulina Runtuwene dan Harley Mangindaan!(JPAR-Ai) Mereka diusung oleh tiga Parpol yakni Nasdem, PSI dan Perindo.

JPAR adalah istri dari Vicky Lumentut, Walikota Manado saat ini. JPAR yang juga mantan rektor Unima memiliki kekuatan yang besar karena posisi sekarang adalah Ketua TP-PKK Manado dan mesin partai Nasdem tentu akan all out memenangkan pasangan ini.

JPAR didampingi Harley Mangindaan. Sosok gaul dan akrab dengan masyarakat membuat Bang Ai, begitu panggilannya terus menjadi idola warga Manado. Bang Ai juga sempat berpasangan dengan Vicky Lumentut saat menjadi Wakil Walikota namun sempat pisah ‘ranjang’ karena Bang Ai ikut Pilkada keduanya berpasangan dengan Jimmy Asiku 2015 silam.

Meski tidak terlalu besar, Pasangan JPAR-Ai juga masih memiliki pendukung dari Partai Demokrat. Bang Ai adalah putra dari EE Mangindaan, tokoh senior partai Demokrat sedangkan Vicky Lumentut mantan ketua Partai Demokrat Sulut.

Pasangan terakhir atau keempat adalah Sonya Selviana Kembuan-Syarifuddin Saafa yang diusung oleh Partai Golkar-Hanura dan PKS.

SSK meski masih dianggap pendatang baru, tapi sosok wanita pengusaha ini tak mengenal kata lelah. Sempat digadang-gadang akan menjadi jagoan PDIP, SSK tak menyerah dan akhrnya Partai Golkar justru melihat sebagai tokoh yang luar biasa. SSK justru sudah resmi memakai jas warna Kuning sesaat sebelum mendaftar. Hampir seluruh pelosok kota Manado dikunjungi SSK dan mendapat sambutan serta simpati dari warga karena SSK selalu tampil dengan ketulusan dan kepedulian yang menyentuh hati masyarakat.
Kesederhanaan dan tampilan sebagai wanita tangguh menjadi kekuatan SSK nanti.

Pasangan SSK adalah Syarifuddin Saafa, ketua Partai Keadilan Sejahtera ini bisa menjadi kartu truf. Karena Saafa adalah satu-satunya tokoh muslim yang ikut Pilkada Manado.

Semua program yang akan ditawarkan pasangan calon semuanya baik dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

9 desember 2020 mendatang, jika tak ada halangan masyarakat Kota Manado akan memilih pemimpin mereka sendiri. Keempat pasangan calon ini adalah sosok don tokoh yang baik, nantinya hanya akan ada satu pasangan yang terbaik pilihan masyarakat Kota Manado. Yang pasti Pilkada di Manado akan seru karena masing-masing bapaslon memiliki plus minusnya. (raymond legi)