oleh

DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Provinsi Sulut Ke-57

KOMENTAREN.NET- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (23/09/21), menggelar rapat paripurna istimewa Hari Ulang Tahun Provinsi Sulut Ke-57. 

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD, Fransiscus Andi Silangen didampingi Wakil ketua, yakni Victor Mailangkay dan Billy Lombok, serta dihadiri langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Steven O. E. Kandouw.

Dalam rapat paripurna istimewa itu, nuansa budaya Sulut sangat kental dengan berbagai baju daerah yang digunakan baik Gubernur, Wakil Gubernur, anggota DPRD Sulut, Sekretaris DPRD, Glady Kawatu dan jajarannya serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Sulut, dr Fransiscus Silangen dalam sambutannya menyampaikan Perjalanan panjang daerah Sulut hingga tiba diusia ke-57 tahun, dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan tentulah tidak lepas dari beragam upaya dan kerja keras pemimpin-pemimpin daerah sebelumnya yang didukung oleh segenap komponen masyarakat sulawesi utara dari Miangas sampai Tontulow Pinagoluman yang dikenal sebagai masyarakat yang religius, adaptif dan pekerja keras.

“Jauh sebelum bangsa besar ini berdiri, kiprah dan karya putra putri terbaik Sulut tercatat dengan tinta emas dalam lintasan sejarah bangsa. Tradisi mencetak prestasi bagi negeri ini terus dilanjutkan oleh para pemimpin daerah kita tercinta, termasuk didalamnya gubernur Sulut bapak Olly Dondokambey, SE dan wakil gubernur bapak Drs. Steven O.E. Kandouw. walaupun dikondisi pandemi  Covid-19, tidak melunturkan semangat gubernur bapak Olly Dondokambey,SE dan wakil gubernur bapak drs. Steven O.E. Kandouw untuk menggerakan semua sektor pembangunan,sehingga kerja tulus ini diapresiasi oleh berbagai pihak termasuk oleh pemerintah pusat diantaranya, dengan diterimanya sejumlah penghargaan disepanjang tahun 2021,” kata Andi Silangen.

Ketua DPRD Andi Silangen juga mengatakan kinerja pemerintah daerah yang luar biasa ini tentulah menginspirasi DPRD untuk terus berkarya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulut tercinta melalui optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPRD yakni fungsi pembentukan perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

“Berkenaan dengan fungsi pembentukan perda, dalam tahun 2021 ini, DPRD bersama pemerintah daerah telah menetapkan 5 peraturan daerah, seiring dengan itu telah pula ditetapkan 30 keputusan DPRD dan 6 nota kesepakatan bersama. Terkait dengan fungsi anggaran, telah diwujudkan dalam penyusunan dan penetapan APBD bersama-sama dengan pemerintah daerah, yakni penetapan ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021 dan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020. Terakhir fungsi pengawasan, DPRD telah melakukan 89 rapat dengar pendapat dan rapatrapat lainnya, menerima 15 aspirasi, baik aspirasi secara langsung maupun aspirasi secara tertulis. Pada sisi lain DPRD juga menerima 72 kunjungan kerja dari pimpinan dan anggota DPRD baik dari luar daerah maupun dari kabupaten/kota se-provinsi Sulut. Dalam rangka menyelami kebutuhan dan kerinduan masyarakat,” ungkapnya.

Ketua DPRD Andi Silangen juga membeberkan prestasi-prestasi yang dicapai Olly-Steven, di antaranya penghargaan dari KPK RI sebagai peringkat pertama koordinasi dan supervise pencegahan korupsi. Penghargaan dari Badan Pusat Statistik karena mampu mendorong pertumbuhan ekonomi hingga menembus angka 8,69 persen, atau tertinggi se Indonesia. Lalu penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Presiden RI atas keberhasilan ekspor komoditas pertanian tertinggi, serta penghargaan kepada Olly Dondokambey sebagai Gubernur terpopuler versi Anugerah Humas Indonesia.

Dalam rapat paripurna istimewa tersebut juga Andi Silangen membacakan berbagai prestasi para teladan yang dicatat Sulut. Salah satunya Greisya Polii yang berhasil mempersembahkan medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020, dan mengharumkan nama Sulawesi Utara.

“Semoga catatan prestasi anak negeri di ujung utara pulau Sulawesi akan menjadi mozaik perekat Kebhinekaan bangsa yang besar ini,” kata Silangen.

Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder, termasuk DPRD Sulut dalam mendukung kerja-kerja pemerintah.

“Kita bersyukur bahwa di tengah-tengah dinamika dan pandemi Covid-19 kita bisa mencapai semua ini,” kata Olly seraya mengajak seluruh rakyat Sulut tetap menjaga kerukunan untuk bisa terus membangun daerah ini.

Selain itu, pada rapat paripurna istimewa juga dihadiri Forkopimda, Kepala daerah Kabupaten/Kota se-Sulut, Sekprop Edwin Silangen dan jajaran pejabat pemerintah, anggota DPRD Sulut baik lewat fisik maupun virtual, serta para tamu undangan lainnya itu. Rapat paripurna istimewa tersebut juga dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya tarian Maengket. (adv)