oleh

DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Tahun 2019

KOMENTAREN.NET – Rabu (15/04), DPRD Sulut melaksanakan rapat paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Tahun 2019.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Andrei Angouw didampingi Wakil Ketua DPRD masing-masing, Victor Mailangkay, James Arthur Kojongian dan Billy Lombok.

Dari pihak eksekutif hadir langsung Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekretaris Daerah Provinsi, Edwin Silangen dan sejumlah pejabat lainnya.

Menariknya, dalam rapat paripurna ini selain dihadiri 17 anggota DPRD, puluhan anggota dewan lainnya mengikuti melalui virtual aplikasi Zoom. Selain itu, dalam pelaksanaan sekretariat DPRD memperhatikan secara serius protokol kesehatan.

Sekretaris DPRD, Glady Kawatu membacakan surat masuk terkait draft dan dokumen LKPJ tahun 2019.

Dalam pengantar, Ketua DPRD Andrei Angouw menyampaikan saat ini kita berada di masa yang sulit, di mana kita diperhadapkan dengan wabah Virus Corona. Saat dimana kita semua diajak untuk bersatu bahu-membahu, melepaskan segala kepentingan politik, dan apapun untuk sama-sama memerangi wabah ini. Jelasnya, situasi sekarang serba sulit, dimana rasa kemanusiaan kita diuji. Kita harus bersatu.

Dirinya juga mengimbau Pemerintah Propinsi untuk melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi dan melindungi masyarakat Sulut. Kita berharap pandemi Covid-19 segera berlalu.

Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw membacakan sambutan Gubernur sekaligus penjelasan capaian pemerintah sepanjang tahun 2019.

“APBD tahun 2019 acuan utamanya adalah kepentingan masyarakat, kontinuitas pembangunan dan kelancaran pelaksanaan dan pemerintahan, dengan mengedepankan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas dan disiplin anggaran,” jelas Wagub sembari menambahkan pemerintah optimis bakal meraih penilaian WTP.

Wakil Gubernur juga menyampaikan semua program di setiap bidang, baik terkait Pembangunan, Ekonomi maupun penyelenggaraaan Urusan Desentralisasi, termasuk berbagai penghargaan yang diterima pemerintah Sulut seperti penghargaan Manggala Karya Kencana oleh Koordinator Bidang PMK.

Pantauan wartawan, suasana rapat paripurna berlangsung dinamis dan demokratis. Banyak anggota dewan menyampaikan aspirasi masyarakat terkait penanganan Covid-19. (Adv)