oleh

DPRD Gelar Paripurna Tutup Masa Sidang I dan Laporan Kinerja AKD serta Penyampaian Hasil Reses

KOMENTAREN.NET (22 April 2021)– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara menggelar rapat paripurna Penutupan Masa Persidangan I, sekaligus Pembukaan Masa Persidangan II tahun 2021, dan Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD (AKD), serta penyampaian hasil reses, Senin (19/04/2021) di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Sulut.

Pada rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD, dr Fransiscus Andi Silangen tersebut juga dilakukan penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses I tahun 2021 yang telah diikuti oleh para anggota dewan, pekan lalu.

Untuk laporan kinerja Pimpinan DPRD, Badan Musyawarah dan Badan Anggaran disampaikan oleh Wakil ketua DPRD, Billy Lombok. 

Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum oleh Sekretaris Komisi, Muhamad Wongso, Komisi II bidang Perekonomian dan Keuangan oleh Sjenni Kalangi, Komisi III bidang Pembangunan oleh Stella Runtuwene dan Komisi IV bidang Kesejahteraan Rakyat oleh Careig Runtu. Sedangkan laporan kinerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) diserahkan oleh Melky Jakhin Pangemanan (MJP).

Untuk laporan reses dilakukan per daerah pemilihan (Dapil). Dimana untuk Dapil I Kota Manado diwakili oleh Kristo Ivan Lumentut, yang membacakan laporan dan menyerahkan hasil reses kepada Pimpinan DPRD serta Gubernur Olly Dondokambey.

Dapil II Bitung-Minut diserahkan hasilnya oleh Berti Kapojos dan Dapil III oleh Tonny Supit. Sementara Dapil IV Bolmong Raya diserahkan oleh Yusra Al Habsy. 

Namun sebelum menyerahkan, politisi PKB itu mengingatkan banyak aspirasi yang telah disampaikan berulang-ulang namun belum semua terakomodir. Dirinya berharap, aspirasi dan harapan rakyat BMR untuk periode kedua pemerintahan Olly Dondokambey-Steven Kandouw bisa direalisasikan.

Sedangkan untuk Dapil V Minsel-Mitra diwakili penyerahaan hasilnya oleh Stella Runtuwene, dan Dapil VI Minahasa-Tomohon oleh Melisa Gerungan.

Pada rapat paripurna tersebut, dokumentasi kegiatan reses setiap anggota dewan ditampilkan langsung di layar dalam ruang rapat paripurna.

Terkait hasil reses yang disampaikan para anggota dewan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey memberikan tanggapan.

“Kita sadari dan tidak dapat dipungkiri bahwa Pemerintah Daerah maupun DPRD Sulut masih memiliki berbagai kekurangan dan keterbatasan yang menyebabkan tidak semua kebutuhan dan keinginan masyarakat dapat terpenuhi. Sehingga kemudian, senantiasa perlu disusun dalam prioritas dengan mempertimbangkan aspek disparistas kebutuhan dan kemampuan, serta kapasitas Pemerintah Daerah untuk untuk memenuhinya,” jawab Gubernur Olly Dondokambey.

“Ini menjadi persoalan bagi Pemprop Sulut. Kita tahu persis dalam tahun 2020 APBD Sulut dibebani dengan Pilkada kurang lebih Rp353 miliar. Begitu juga tiba-tiba terjadi covid-19 dan kita diwajibkan mengalokasikan refocusing anggaran kurang lebih Rp213 miliar,” tambah Gubernur Olly.

Sebelumnya, Ketua DPRD Sulut, Fransicus Andi Silangen menyampaikan agar memanjatkan kehadirat Tuhan yang maha kuasa atas rahmat dan anugerahnya kita masih diberikan nafas kehidupan dan kesehatan di tengah-tengah situasi pandemi covid 19 yang sampai dengan saat ini masih melanda seluruh dunia, melanda bangsa dan negara kita termasuk daerah provinsi Sulawesi Utara yang kita cintai ini.

“Secara pribadi saya menyampaikan salut kepada rekan-rekan pimpinan dan anggota DPRD yang tetap menunjukan performa yang maksimal dalam menjalan tugas-tugas kedewanan selama masa persidangan pertama. antara lain dalam menyerap aspirasi masyarakat, mengawal dan mengawasi kinerja pemerintah daerah, serta melakukan tugas pengawasan atas pelaksanaan peraturan daerah walaupun kita masih dalam situasi pandemi covid 19 saat ini,”ujar Silangen.

“Memasuki masa persidangan yang kedua nanti, saya berharap performa yang baik ini dapat semakin ditingkatkan. kita perlu mengingatkan kembali pada diri kita masing-masing bahwa kita adalah representasi dari masyarakat, kita berada disini karena dipilih dan dipercaya oleh masyarakat sebagai penyambung lidah untuk menyampaikan apa yang menjadi aspirasi dan keinginan dari masyarakat.

Pada sisi lain kita dituntut untuk menjadi teladan dalam perkataan dan tindakan karena adalah representasi dari rakyat. Mari terus kita jaga sikap kita sebagai pejabat publik yang dipundak kita sekalian rakyat meletakkan banyak harapan. Marilah kita terus berbenah diri dan meningkatkan performa kinerja kedewanan kita sehingga kita dapat terus memperjuangkan aspirasi masyarakat, menjawab segala bentuk permasalahan yang ada di masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab moral atas kepercayaan dan amanah yang telah diberikan kepada kita. Atas nama pimpnan dan anggota DPRD, saya juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada bapak Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw beserta seluruh jajaran pemerintah provinsi Sulut yang tetap memperlihatkan kinerja yang optimal dalam menjalankan roda pemerintahan terutama mengingat situasi pandemi Covid 19 yang masih terjadi. hingga saat ini DPRD Sulut selaku mItra strategis pemerintah provinsi Sulut sepenuhnya mendukung serta siap sedia dalam memberikan rekomendasi yang solutif terhadap berbagai permaslaahan dan upaya serta kebijakan pembangunan yang dilakukanoleh bapak gubernur dan wagub di provinsi Sulut,”sambung ketua DPRD.

Rapat paripurna tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw,  para anggota dewan, Sekretaris daerah Provinsi, Edwin Silangen, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris DPRD Sulawesi Utara, Glady Kawatu. (adv)