oleh

DMR Siap Menangkan Moses Corneles di Pilhut Gangga I

KOMENTAREN.NET, Airmadidi – Tak ada lawan atau kawan yang abadi dalam politik. Adagium atau peribahasa ini tampaknya sangat tepat dialamatkan pada Daniel Mathew Rumumpe (DMR) dan Moses Corneles.

Pada pemilihan calon legislatif 17 April 2019 silam, keduanya menjadi rival untuk memperebutkan suara pemilih dari Dapil III yang meliputi Likupang Timur, Likupang Barat dan Wori. Dimana akhirnya Rumumpe dari Partai NasDem berhasil melenggang duduk di DPRD Minut periode 2019-2024. Sementara langkah Corneles untuk menggapai empat periode sebagai legislator Minut dari F-PDI Perjuangan sejak tahun 2004 harus terhenti karena perolehan suara pemilih tidak mencukupi.

Namun hal itu tak menyurutkan semangat Corneles untuk terus berkiprah di dunia politik. Buktinya ia memastikan maju dalam pemilihan hukumtua (pilhut) Desa Gangga I Kecamatan Likupang Timur pada 28 November 2019 mendatang.

Menariknya rencana Corneles ini mendapat dukungan penuh dari  Rumumpe. Bahkan legislator yang juga putra Bupati Vonnie Anneke Panambunan ini siap turun langsung memenangkan mantan rivalnya tersebut. “Secara pribadi saya siap turun kampanye di Desa Gangga 1 untuk memenangkan Moses Corneles. Saya juga akan berjuang bersama beliau agar lebih banyak bantuan untuk Desa Gangga I di APBD tahun 2020. Supaya kesejahteraan masyarakat di sana meningkat,” tegasnya saat bertemu Corneles di Kantor Inspektorat Minut, Rabu (09/10).

Rumumpe menjelaskan dirinya mendukung Corneles di pilhut karena pernah tiga periode menjadi anggota DPRD Minut dan satu-satunya legislator yang menetap dan berasal dari wilayah kepulauan. “Ini jadi bukti beliau benar-benar mengabdi dan memperjuangkan aspirasi masyarakat kepulauan. Bahkan sampai tiga periode. Jadi kalau beliau terpilih jadi kumtua Gangga I berarti mampu membawa desanya jauh lebih baik lagi,” nilai Rumumpe.

Moses Corneles pun mengapresiasi dukungan dari Rumumpe yang siap membantu meraih kemenangan dalam pilhut. “Tentunya saya sangat berterimakasih atas dukungan dari saudara Daniel Rumumpe. Ini sungguh tidak diduga sebelumnya. Dukungan ini sangat berharga bagi saya,” tuturnya.

Corneles sendiri sudah mendaftar sebagai calon hukumtua pada panitia pemilihan di desa Gangga I, Kamis (03/10) pekan lalu. Ada lima calon hukumtua yang telah mendaftar sampai batas akhir pendaftaran yang ditutup Jumat (05/10). Jika terpilih, Corneles akan menduduki posisi hukumtua untuk kedua kalinya. Periode pertama hukumtua dijabatnya sampai tahun 2004 sebelum menjadi anggota DPRD Minut. Lanjut Corneles, dirinya akan membawa desa Gangga I menjadi desa wisata maritim yang menunjang kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata Likupang. “Banyak lokasi diving spot di seputar pulau Gangga yang memiliki pemandangan bawah laut yang mempesona. Bahkan telah ada satu resort dan  ketambahan tiga resort lagi yang akan beroperasi dalam waktu dekat,” tandas Corneles.(art)