oleh

Diserahkan di kota Bitung, Kapal Rede KM Gandha Nusantara 06 Bakal Beroperasi Trip Bitung-Lembeh

KOMENTAREN.NET, Bitung – Kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Sulawesi Utara (Sulut) belum lama ini, nampaknya memberikan dampak besar dari segala lini sektor khususnya Perhubungan. Buktinya pada Kamis (25/07/2019) kemarin Kota Bitung mendapatkan bantuan 1 unit Kapal jenis Landing atau Rede KM Gandha Nusantara 06.

Informasi diperoleh Kapal Rede ini akan menunjang kepariwisataan di Sulut khususnya Kota Bitung dalam hal ini Pulau Lembeh.

Staff Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Transportasi laut Kemaritiman dan tol laut Bpk. Ahmad Mustasyar mengatakan bahwa penyerahan kapal ini untuk memantapkan sustainable akan logistik yang berkesinambungan untuk Sulut juga untuk kepariwisataan.

Sementara itu Kepala KSOP Bitung Mursidi SH mengatakan bahwa direncanakan Kapal Gandhi Nusantara ini untuk menunjang Pariwisata dimana nantinya Kapal ini akan menggunakan Trip Bitung-Lembeh. “Jadi kapal ini meskipun kapal jenis Landing tapi bakal akan menjadi kapal penumpang Bitung-Lembeh juga di Manado akan ada juga Kapal seperti ini untuk trip Manado-Bunakan dan juga di Likupang untuk menunjang Pariwisata,” kata Mursidi yang mungkin dalam waktu dekat akan ada penyerahan Rede juga di Kota Manado.

Diketahui penyerahan kapal Rede ini sesuai bantuan Kementerian Perhubungan kapal Rede KM. Gandha Nusantara 6 dari PT. Daya Yes Ke Operator Kapal PT. Pelni di Pelabuhan Bitung Sulawesi Utara, Kegiatan serah terima kapal Rede KM. Gandha Nusantara 6 ini juga dirangkaikan dengan acara serah terima kapal-kapal perintis lainnya sebanyak 6 unit yakni KM. Sabuk Nusantara 38, KM. Sabuk Nusantara 33, KM. Kie Raha I, KM. Berkat Taloda, KM. Meliku Nusa dan KM. Sabuk Nusantara 70 dari PT. Daya Radar Utama ke beberapa perusahaan / Operator Kapal antara lain PT. Citra Baru Adinusantara, PT. Pelayaran Mandala Sejahtra Abadi, PT. Pelangi Tunggal Ika, PT. Karunia Utama Asia Timur di ruangan rapat Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Bitung.

Hadir juga dalam kegiatan ini Direktur Pelni Kepala Kantor KSOP Manado Bpk. Wembly Wetik, Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung Bpk. Andi Amran SH MH dan Kadis Perhubungan Kota Bitung.(nan)