oleh

Direktur Polimdo Gelar Pelatihan Penyusunan RAB di GMIM Genesaret Watutumou

KOMENTAREN.NET, Mnado – Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Ir Evert N Slat MT mengadakan pelatihan penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam rangkat Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Jemaat GMIM Genesaret Perumahan Watutumou Permai, Selasa (03/09/2019).

Acara ini dihadiri Ketua BPMJ Pdt Regi Batian STh, Sekretaris Pnt Stevi Cornelis, Wakil Pnt Adolof Kumayas, Ketua Pembangunan dan anggota Jemaat GMIM Genesaret Perumahan Watutumou Permai.

Didampingi Ir Seska Nicolas MT, Direktur Polimdo menjelaskan kegiatan pengabdian ini bertujuan  untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan bagi BPMJ dan Jemaat GMIM Genesaret Perumahan Watutumou Permai.

“RAB merupakan estimasi biaya dalam proyek konstruksi yang ditunjukan untuk menaksirkan/memperkirakan nilai pembiayaan pada suatu proyek. Dalam proses konstruksi, RAB sendiri dibuat oleh berbagi pihak sesuai dengan kepentingan masing-masing, mulai dari pemilik (owner), Konsultan teknik (perencana), hingga kontraktor (pelakasana),” jelas Slat.

Menurutnya, dalam pembuatan RAB khususnya untuk proyek bangunan gedung, diperlukan metode sistematis, sehingga selain mendappatkan cara kerja yang efisien juga memperoleh tingkat ketelitian yang baik.

“Kiranya kegiatan ini menciptakan inovasi teknologi untuk mendorong pembangunan ekonomi Indonesia dengan melakukan komersialisasi hasil penelitian, melakukan alih teknologi, ilmu dan seni kepada masyarakat untuk pengembangan martabat manusia dan kelestarian sumber daya alam,” ungkapnya.(bil)