oleh

Dinkes Aktif Screening, Covid-19 di Sulut Makin Banyak Ditemukan

KASUS positif Covid-19 (Corona Virus Desease) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat hingga data per Minggu (24/05/2020).  Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH lewat video conference mengungkapkan, Sulut ketambahan 29 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dan secara akumulatif, total kasus corona di Bumi Nyiur Melambai ini telah menyentuh 230 kasus positif Covid-19.

Menariknya, angka pertambahan kasus baru yang cukup signifikan hari ini, di antaranya ditemukan di tengah masyarakat lewat kegiatan aktif screening yang dilakukan tim gugus tugas covid-19 di Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. “Ada 21 kasus ditemukan berdasarkan kegiatan aktif screening di lapangan,” ungkap Dandel.

Fakta ini menunjukkan, aku Dandel, jika ‘hanya’ menunggu pasien mengalami gejala datang di rumah sakit, baru kemudian dilakukan uji sampel dan swab, ada potensi ‘kehilangan’ 60 persen pasien positif. Itu artinya tanda disadari, ada pasien positif covid-19 yang berkeliaran dimana-mana.  

Sementara dari data 29 kasus baru, dimana 21 di dalamnya ditemukan berkat ekspansi tim kesehatan di lapangan/masyarakat, di antaranya kasus 221, 226, 227, 228, 229 yang berhasil ditemukan berkat ekspansi rapid dan swab screening pihak Dinkes Kota Manado di Pasar Pinasungkulan. Temuan lainnya juga disumbangkan Dinkes Provinsi Sulut dan Dinkes Minut yang turun langsung melakukan screening di masyarakat lewat pelacakan dan ekspansi. (vil/sbr)