oleh

Dilobi Gubernur Olly, Sulut Miliki Mobil PCR

UPAYA dan lobi Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk mendatangkan berbagai fasilitas medis dalam penanganan Covid-19, patut diacungi jempol. Kabar terbaru, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey, telah menerima bantuan satu unit Mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) berstandar WHO dari Rajawali Foundation.

Bantuan senilai Rp 4,2 miliar ini diserahkan perwakilan Rajawali Foundation, yakni Rudi dan Satrio kepada Kepala BPBD Sulut Joi Oroh dan disaksikan Kepala BNPB Letjen Monardo di Jakarta, Kamis (30/07/2020).

Mobil PCR kedua di Indonesia yang berstandar WHO ini bakal dioptimalkan untuk menjangkau kabupaten dan kota di Sulut yang membutuhkan tes PCR. Kedatangan mobil PCR canggih ini sudah disampaikan Gubernur Olly saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kota Kotqmobagu pada Senin, (20/07/2020) lalu.

“Dua minggu lagi ada mobil PCR yang bisa (uji) 120 sampel bisa didapat dalam waktu cuma 8 jam. Jadi kalau ada tes massal dan banyak orang, nanti ditelpon Pemprov, kita akan dating,” ungkap Olly waktu itu.

Diketahui, mobil laboratorium ini memiliki bio safety cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi menggunakan HEPA filter, serta fasilitas pengaman lainnya untuk meminimalisir terpaparnya tenaga medis serta lepasnya virus ke lingkungan yang sesuai dengan rekomendasi WHO. Datangnya mobil PCR ini tak lepas dari upaya Gubernur Olly melobi pusat. Baru daerah tertentu di Indonesia yang memiliki Mobil PCR ini. (vil/*)