oleh

Dilantik Sebagai Dirut PD Pasar Manado, Ini Profil Pnt dr Roland Roeroe

DIREKSI Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Manado dirombak. Direktur Utama (Dirut) PD Pasar dipercayakan kepada Pnt dr Roland Roeroe. Sedangkan Direktur Umum dipegang Lucky Senduk dan Direktur Pengembangan dijabat Jeffrie Salilo. Sementara Irving Kurniawan Biki menjabat Direktur Operasional.

Susunan Dewan Pengawas PD Pasar juga terjadi perombakan total. Ketua Dewan Pengawas dipegang Novie Lumowa dan unsur sekretaris Philip Sondakh dan anggota Marko Tampi. Kabinet baru PD Pasar Manado ini resmi dilantik Wakil Wali Kota Manado, dr Richard Sualang di Ruangan Wakil Wali Kota, Senin (17/05/2021).  

Siapakah Roland Roeroe yang dipercayakan AARS (Andrei Angouw-Richard Sualang) sebagai orang nomor satu di PD Pasar?  

Pria bernama lengkap Pnt dr. Roland Julius Marcelino Roeroe merupakan putera asal Kota Tomohon kelahiran 7 Juli 1982. Roland adalah putera dari pasangan Keluarga Roeroe-Montolalu.

Kiprahnya sudah cukup dikenal di Sulawesi Utara. Roland aktif dalam berbagai organisasi, tak hanya di Sulawesi Utara namun sampai di Jakarta. Sebelum dikenal sebagai Ketua Tim Kampanye AARS di Pilkada Manado 2020, dia sudah berkiprah di ibukota Jakarta.  

Dalam organisasi profesi, Roland yang berlatar pengusaha ini, pernah menjabat Ketua Bidang OKK Jaringan Pengusaha nasional (Japnas). Bahkan dia dipercayakan memegang Ketua Bidang Hukum dan Advokasi BPL Gapensi DKI Jakarta. Terkait dengan latarnya sebagai seorang dokter, Roland pernah menjadi anggota Badan Pengawas (Banwas) Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia.

Sementara di aktivitas pelayanan kerohanian, khususnya di GMIM, Pnt Roland Roeroe memegang banyak jabatan.  Awalnya dia dikenal sebagai Ketua Komisi P/KB (Pria Kaum Bapa) di GMIM Getsemani Sario Kota Baru Manado.

Untuk tingkat komisi, Pnt Roland adalah Anggota Komisi P/KB Sinode GMIM (Koordinator Rayon Tomohon). Tak hanya itu, dia juga dipercayakan sebagai Bendahara Komisi P/KB Sinode Am Sulutteng (SAG) dan Wakil Sekretaris Umum Forum Komunikasi PKB PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia).

Di dunia politik, namanya mulai berkibar ketika menyatakan diri maju sebagai calon kepala daerah di Kota Tomohon pada Pilkada 2020 lalu. Saat itu Roland mendapat banyak simpati masyarakat, karena rajin turun ke masyarakat untuk merekam aspirasi.

Sayang kiprahnya di Pilkada Tomohon tidak kesampaian sebagai calon kepala daerah. Namun begitu ‘hilang’ dari pencalonan di Kota Tomohon, tiba-tiba namanya melejit di Pilkada Kota Manado. Pnt Roland Roeroe dipercayakan sebagai Ketua Tim Kampanye Calon Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang (AARS) yang diusung PDIP.

AARS pun akhirnya terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado di Pilkada 2020. Sebagai Ketua Tim Kampanye dan memiliki kemampuan sebagai seorang yang mapan di berbagai bidang organisasi serta berlatar pengusaha sukses, Roland Roeroe kemudian dipercayakan AARS untuk menukangi PD Pasar. Roland secara resmi menjabat Dirut PD Pasar 17 Mei 2021.       

Seabrek pengalaman dari sarjana Fakultas Keodkteran Universitas Sam Ratulangi yang kiprahnya sebagai pengusaha di tingkat nasional ini, membuatnya dianggap layak untuk mengemban tugas berat menakhodai PD Pasar Manado.

Berikut Pengalaman Organisasi Pnt dr. Roland Julius Marcelino Roeroe:

1. Ketua Komisi P/KB GMIM Getsemani Sakobar

2. Ketua Komisi P/KB Wil. Manado Sario

3. Korwil P/KB GMIM Rayon Tomohon

4. Komisi P/KB Sinode GMIM

5. Bendahara Komisi PKB Sinode Am Gereja Suluttengo

6. Wasekum Komisi PKB PGI

Organisasi:

1. Kadin Nasional

2. Ketua OKK Jaringan Pengusaha Nasioanal (Japnas)

3. Ketua Bidang Advokasi n Hukum Gapensi Prov. DKI Jakarta

4. Banwas Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia Pusat     

Lalu apa yang akan dilakukannya sebagai Dirut PD Pasar Manado? Saat diwawancarai media, Roland Roeroe mengatakan, akan mengedepankan pengelolaan PD Pasar secara professional. Terutama memberikan kenyamanan bagi pedagang maupun pembeli dan mendukung visi AARS yakni menjadikan Kota Manado maju dan sejahtera.

Menangani PD Pasar Manado merupakan jabatan yang tidak mudah. Banyak persoalan pelik yang harus diselesaikan di PD Pasar. Namun demikian gaji direksi PD Pasar Manado cukup menggiurkan, setara dengan tugas berat yang harus dihadapi.

Potensi PAD PD Pasar untuk APBD Kota Manado cukup besar. Namun sejauh ini, Pemkot Manado belum menetapkan PD Pasar sebagai sumber PAD resmi untuk APBD.

Berikut Susunan Direksi PD Pasar Manado 2021:

Dewan Pengawas PD Pasar Manado:

Ketua : Novie Lumowa

Sekretaris : Philip Sondakh (Asisten II)

Anggota : Marko Tampi

Jajaran Direksi Pasar Manado :

Direktur Utama : Roland Roeroe

Direktur Umum : Lucky Senduk

Direktur Pengembangan : Jeffrie Salilo

Direktur Operasional : Irving Kurniawan Biki.

(sbr/*)