oleh

Diawali Simulasi, Semua SMP Minahasa Siap Gelar UNBK

KOMENTAREN.NET, Tondano – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa siap untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020. Kesiapan tersebut telah diawali dengan pelaksanaan simulasi di seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Disdik Minahasa Drs Riviva Maringka MSi mengatakan, dengan keseluruhan jumlah SMP/MTs yang mengikuti UNBK, maka Kabupaten Minahasa sudah memenuhi target dari Kementerian Pendidikan. Dimana target tersebut mencapai 80 persen. “Total ada 106 SMP/MTs yang melaksanakan UNBK. Kabupaten Minahasa sudah 100 persen,” tuturnya Rabu (04/03/2020).

Dijelaskannya, meski siap menggelar UNBK, namun belum semua sekolah memiliki sarana komputer yang memadai. Karena itu, mereka akan menumpang di sekolah yang telah siap sarana dan prasaran. “Kami pun telah menerjunkan tim ke semua sekolah dalam rangka memastikan kesiapan dan meminimalisir masalah yang akan terjadi pada pelaksanaan UNBK,” terangnya.

Ditambahkan, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Hendrie Tompodung SPd bahwa pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak PLN guna memastikan tidak terjadi pemadaman listrik pada saat pelaksanaan UNBK.

Selain itu, Tompodung menghimbau kepada sekolah agar mempersiapkan diesel untuk antisipasi terjadinya hal bersifat emergensi. “Peran orang tua juga sangat penting untuk menjaga dan mengawasi putra-putrinya agar sehat dengan cara memperhatikan kondisi kesehatannya,” ujarnya. Sementara itu, salah satu sekolah yang siap menggelar UNBK di Kabupaten Minahasa di antaranya adalah SMP Negeri 1 Eris. Kepala SMPN 1 Eris Ferry Darossa MPd mengungkapkan, jumlah anak yang akan mengikuti UNBK mencapai  79 siswa. Dorossa mengakui, sekolah yang dipimpinnya hanya mampu menyediakan komputer sebanyak 35 unit. “Ada tiga sekolah yang bergabung bersama kami. Pelaksanaan UNBK akan tetap berjalan dengan lancar,” katanya yakin.(bil)