oleh

Dianggarkan Rp500 Juta, Kawasan Puncak Pangu Noongan Bakal Dibenahi

KOMENTAREN.NET, Ratahan – Dalam mewujudkan keinginan Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH dalam mengembangkan kawasan objek wisata di Mitra, berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah setempat untuk menunjangnya. Salah satu penunjang untuk pengembangan wisata tersebut adalah membenahi resting area di kawasan Gunung Potong yang adalah areal wisata.

Kepala Dinas Para Wisata Mitra Desten Katiandagho, menyebutkan, saat ini tender pekerjaan sudah sementara dalam proses di Bagian Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) untuk ditangani pihak ketiga. “Rencananya, pembenahan bagian atas bangunan resting area menjadi salah satu prioritas dimana akan ada wisata kuliner free wi-fi dilokasi yang memiliki pemandangan alam pegunungan dan sebagian besar wilayah Minahasa,” sebutnya, Kamis (20/06) kemarin.

Lanjut dijelaskannya, areal parkiran sekitar gedung serta lokasi swafoto yang akan disediakan. Sokongan dana sekira Rp500-an juta melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019, berpeluang besar menyulap lokasi ini menjadi tempat persinggahan yang tepat para warga yang melintasi.

“Dibagian belakang gedung telah terbangun sarana pusat informasi wisata Mitra, sedangkan dibagian bawah pinggiran jalan utama, kios kuliner sudah tersedia dan tinggal menunggu penetapan penempatan pedagang. Dan Sekira 50 meter dari lokasi tepatnya di kantor pos jaga hutan, tersedia areal tracking bagi para pecinta alam. Bahkan nanti ada penambahan assesoris tulisan Mitra Hebat pada bagian pegunungan, dengan ukuran yang cukup besar,” ungkapnya.

Sedangkan, bangunan resting area yang kini dijadikan gedung kantor, dimaksudkan agar meminalisir adanya ulah oknum tak bertanggung jawab ketika belum sepenuhnya digunakan. “Sebab seperti waktu lalu ada banyak aksi pengrusakan. Makanya kita sementara berkantor disini sembari membenahi areal ini agar dapat dijadikan lokasi wisata persinggahan warga,” ujar Katiandagho. Saat ini dikatakannya, pihaknya tinggal menunggu hasil realisasi pemenang tender untuk pelaksanaan pekerjaan.

“Tahun ini sudah selesai dan sudah dapat dinikmati warga. Kita tinggal menunggu hasil pengumuman tender pihak ketiga dalam pelaksanaannya,” katanya.

“Kalau kios kuliner tinggal menunggu penetapannya saja, bisa saja akan berjalan bersamaan dengan usainya pekerjaan disini (lokasi gedung resting area, red). Kita tunggu saja. Yang pasti sudah akan selesai pembenahannya pada tahun ini. Ada banyak yang akan dibenahi,” pungkas Katiandagho.(dax)