oleh

Demam Shin Tae Yong

INDONESIA termasuk Negara yang ikut merasakan demam K-Pop dan drama-drama Korea (Korea Selatan). Dan kini, demam itu mulai menjalar ke K-Sport. Kehadiran sosok pria berusia 50 tahun bernama Shin Tae Yong, membuat penggemar sepakbola di tanah air, mulai melirik kiprah Timnas Sepakbola Indonesia.

Sejak dilatih Shin Tae Yong, Timnas Garuda mulai digandrungi. Berita-berita tentang Timnas Indonesia di bawah pelatih dari Negeri Ginseng ini, laris manis dibaca. Penggemar sepakbola Indonesia yang haus akan prestasi Tim Garuda, seakan melihat sebuah asa Timnas Sepakbola masa depan yang bisa berbicara banyak di panggung sepakbola internasional.    

Sentuhan Shin Tae Yong memang lain dan bikin penasaran. Kiat pelatih yang memiliki nama besar ketika mengantar Timnas Korsel mengalahkan Timnas Jerman di Piala Dunia, kini jadi buruan para pencari berita. Media-media online tanah air, bahkan di ASEAN banyak memberita sepak terjang Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia, karena berita-berita tersebut laris manis.

Di media sosial pun kini lagi demam Shin Tae Yong dengan K-Sportnya. Demam itu menjalar sampai di kompetisi Liga Korea. Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam yang direkrut Klub Liga 2 Korea, Ahsan Greeneers, adalah titipan Shin Tae Yong.

Alhasil kedatangan Asnawi di Kota Ahsan, kini jadi buruan media setempat. Kekuatan supporter Indonesia, kini bikin media Korea ‘tergila-gila’ dengan Asnawi. Hal ini dtunjukkan dengan perubahan besar yang dialami Ahsan Greener, dari sebuah klub yang tidak terlalu terkenal, kini melejit sebagai klub Korsel dengan jumlah followers terbanyak.

Demam Asnawi yang dititip Shin Tae Yong di K-League, membuat Pemerintah Kota Ahsan sampai kepincut menjadikan Asnawi sebagai duta pariwisata di negeri tersebut. Sebuah efek domino yang luar biasa. Jaminan seorang Shin Tae Yong, memang kredibel. Asnawi tak hanya karena memiliki kekuatan jutaan netizen di belakangnya, namun prestasinya ikut membuat bangga Indonesia, karena mampu berprestasi di klubnya. Sampai-sampai Asnawi dijuluki Park Ji Sung-nya Indonesia.

Park Ji Sung adalah legenda hidup pesepakbola Korsel yang berhasil menembus klub elit dunia, Mancester United. Hebatnya, Asnawi ketika memperkuat Timnas Indonesia ketika menahan Thailand 2-2 di babak kualifikasi Piala Asia, sudah menunjukkan kelasnya tersendiri.

Timnas Indonesia yang rata-rata usia muda dan miskin pengalaman internaisonal, juga secara mengejutkan, setelah diracik Shin Tae Yong mampu mempermalukan Timnas Thailand yang berisikan pemain-pemain berpengalaman.

Permainan Timnas Garuda memang berubah. Tidak ada lagi pemain yang terlihat berjalan selama permainan 2 kali 45 menit. Mereka terus bergerak sepanjang bermain. Para punggawa garuda yang masih berusia muda itu, terlihat bermain bak permainan basket ball. Bertahan bersama dan maju menyerang bersama dengan rajinnya.  Semangat pantang menyerah dan siap mati di lapangan ditunjukkan pasukan merah putih.

 Timnas Indonesia yang sebenarnya sudah tidak memiliki peluang lolos, mampu menyuguhkan permainan yang luar biasa, seakan-akan kita sedang bertarung untuk mendapatkan tiket ke ‘Piala Dunia’. Shin Tae Yong membuat timnas Indonesia tak sekadar bermain bola, namun bermain dengan hati dan penuh kesungguhan. Sebuah budaya disiplin disertai semangat tinggi ‘siap mati di lapangan’, terlihat dengan jelas dalam permainan Indonesia. Demam semangat kerja keras ala Korea kini menjalar di Timnas kita.

Namun demam Shin Tae Yong ini jangan membuat kita sampai berekspektasi terlalu tinggi dulu. Masa latih Shin Tae Yong masih seumur jagung. Budaya sepakbola Korea di persekbolaan Indonesia, masih membutuhkan proses yang panjang. Yang pasti kehadiran Shin Tae Yong di Indonesia, sudah mulai menunjukkan adanya benih-benih pesepakbola tanah air, yang suatu saat nanti, di waktu yang pas, akan membuat Timnas Garuda menjadi tim sepakbola yang ditakuti di Asia, bahkan bukan tidak mungkin mengikuti prestasi sepakbola Korea Selatan.

Menarik menyimak pernyataan Shin Tae Yong, bahwa dia ingin melatih di Indonesia sebenarnya dipicu kegandrungan Orang Indonesia terhadap K-Pop dan drama Korea. Shin ingin suatu saat nanti, Indonesia akan demam juga dengan K-Sport yang dirintis oleh Shin Tae Yong. Dan demam itu sudah mulai kita rasakan … (frikopoli)