oleh

Dekan Fatek Unima Beri Jawaban Atas Tuntutan Mahasiswa

Minahasa, Komentaren.net – Aliansi Suara Bersama Mahasiswa Fakultas Teknik (Asbak) Universitas Negeri Manado (Unima) gelar demonstrasi di depan gedung fakultas, Kamis (2/9/2021).

Aliansi yang menghimpun seluruh organisasi mahasiswa Fakultas Teknik (Fatek), menyampaikan empat poin tuntutan kepada pimpinan fakultas.

Poin yang pertama, persoalan transparansi anggaran dilingkungan Fatek Unima dan penetapan dana kemahasiswaan.

Kedua, penerapan pemberantasan pungli dilingkungan FT Unima.

Ketiga, kinerja staf administrasi yang kurang maksimal.

Keempat, menyediakan dan memperbaiki sarana dan prasarana beserta fasilitas perkuliahan.

Menanggapi hal ini, Dekan Fatek Unima, Dr. Djurbir R.E Kembuan M.Pd, dihadapan mahasiswa menegaskan, jawaban saya atas aspirasi yang disampaikan adik-adik mahasiswa, untuk poin yang pertama, Dana kemahasiswaan tahun 2021 untuk tingkat bawah akan disesuaikan dengan dana fakultas dan akan segera diupayakan, Ibu PD (Pembantu Dekan, red) III sementara mengurus untuk dana pencairannya.

Kedua, Ketegasan pimpinan fakultas dalam pemberantasan pungli dilingkungan fakultas sudah ditindaklanjuti lewat edaran yang ada, dan apabila ditemukan adanya pungli segera laporkan ke SPI atau ke pimpinan fakultas untuk ditindaklanjuti dan kami menjamin kerahasiaan pelapor.

Ketiga, akan meninjau dan memperhatikan kinerja staff administrasi fakultas yang tidak maksimal.

“Jadi saya sudah perintahkan PD II, koordinator dan sub Koordinator langsung mengawasi di masing-masing bidang, dan kalau ditemukan segera dilaporkan, karena sudah disampaikan ke PD II untuk segera melaksanakan rapat staf administrasi pegawai,” kata Dekan.

Keempat, lanjutnya, merespon masukan untuk sarana dan prasarana akan diupayakan lebih baik lagi kedepan.

” Sebagai informasi saat ini fakultas teknik sudah ketambahan dua gedung baru kuliah, yaitu teknik informatika dan gedung kuliah teknik sipil,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, ada beberapa gedung yang sementara di renovasi atau rehabilitasi.

” Untuk hal-hal lainnya akan dikoordinasikan dengan universitas dan tentunya akan ditindaklanjuti sesuai dengan anggaran yang tersedia,” kata Kembuan.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fatek Unima, Mariano Tendean mengatakan, selaku ketua badan eksekutif mahasiswa universitas negeri Manado, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dekan, PD I, PD II dan PD III, yang sudah menerima aspirasi dan tuntutan dari kami.

” Untuk kedepannya, akan tetap kawal poin-poin yang sudah menjadi tuntutan kami,” pungkasnya.

Turut mendampingi Dekan : PD I, Djafar Wonggo, PD II Dr. I.P Tamba, ST, M.Kes, PD III Dr. Christine C. Manoppo M.Pd, Titof Tulaka (Humas Unima) berserta jajaran pegawai Fatek.(nes)