oleh

Deadline Tinggal 21 Hari, Kandouw Ingatkan SKPD Soal Temuan BPK

WAKIL Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw berterima kasih atas perhatian BPK RI Perwakilan Sulut terhadap Pemprov, terutama dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel. Menurut wagub, BPK selalu mengingatkan dan melakukan pendampingan kepada Pemprov dalam menuntaskan setiap rekomendasi setelah dikeluarkannya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

“Terima kasih kepada Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Pak Karyadi dan teman-teman yang terus mendampingi dan mengingatkan tentang action plan penyelesaian temuan dan rekomendasi BPK,” ungkap Wagub Kandouw saat mengikuti rapat video conference dengan BPK RI yang juga diikuti para bupati dan walikota di Manado, Jumat (19/06/2020).

Diketahui, berdasarkan aturan bahwa setelah LHP diserahkan BPK, ada waktu selama 60 hari untuk menindaklanjuti rekomendasi BPK dan tercatat hingga kini deadline atau waktu penyelesaian tersisa 21 hari. Untuk itu, Kandouw meminta seluruh Kepala SKPD di lingkup Pemprov Sulut, mengoptimalkan waktu yang ada untuk menyelesaikan rekomendasi tersebut.

“Mulai hari senin depan, saya minta kepada teman-teman SKPD lingkup Pemprov Sulut untuk segera menyelesaikan temuan dari BPK. Bagi kami bersyukur diingatkan BPK, karena batas waktu penyelesaian tinggal 21 hari,” ungkap Kandouw.

Lebih lanjut, Kandouw menerangkan bahwa catatan rekomendasi dan temuan BPK menjadi parameter penilaian kinerja terhadap PD sehingga wajib dituntaskan sesuai batas waktu yang ditentukan.

“Walaupun saya dan Pak Gubernur tidak bisa menggelar mutasi, tapi boleh mem-Plh siapa yang tak becus melakukan kinerja. Pokoknya SKPD tak maksimal dalam kinerjanya akan dinilai oleh pimpinan, yakni Gubernur Olly Dondokambey,” tandas Kandouw dilansir website resmi pemprov, www.hubmaspemprovsulut.com.

“Bagi seluruh SKPD harus ada reward dan punishment. Kali ini tidak ada tawar-tawar rekomendasi sampai hari non finansial dan finansial yang baru beberapa persen harus jadi cambuk bagi kita untuk menyelesaikannya,” lanjutnya. (hps/sbr)