oleh

Cindy Wurangian Minta Disnaker Siapkan Database

Manado,KOMENTAREN.NET- Sekretaris Komisi IV DPRD Sulut, Cindy Wurangian mengatakan pentingnya aplikasi yang memuat dengan lengkap database kebutuhan kerja atau lowongan kerja serta data pencari kerja.

Hal ini disampaikan Cindy, saat rapat dengar pendapat dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DisnakerTrans) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (18/07/2022).

“Kita bisa bayangkan bagaimana dengan anak-anak yang tidak ada akses ke disnaker. Kalau ada database maka itu akan sangat membantu mereka tidak perlu lagi secara fisik bertemu dengan Pak Lucky dan Ibu Rahel, namun bisa langsung di aplikasi,”terang Wurangian.

Menurut Srikandi Partai Golkar itu, database sangat penting untuk memudahkan pencari kerja, demikian dengan perusahan yang membutuhkan tenaga kerja, semua bisa diakses di satu aplikasi.

“Contoh saya punya ponakan baru selesai kuliah lulusan dari AS jurusan ahli waris, dimana jurusan masih baru tapi permintaan begitu tinggi. Setelah kembali ke Indonesia dia binggung dan kami binggung mau memasukan lamaran kemana. Dengan adanya aplikasi dengan database lengkap maka dia bisa langsung mengakses lewat android atau smartphone, juga bisa langsung mengakses bahkan mengirimkan lamaran ke perusahan misalnya ke BCA,” ucapnya.

Sebelumnya Kadis nakerTrans Erny Tumundo melalui Kabid Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi melalui Lucky Taju menjelaskan berbagai program untuk pencari kerja lebih dititik beratkan melalui kegiatan job fair yang bekerjasama dengan sejumlah instansi dan perusahan yang dipublikasikan melalui media sosial, bahkan juga program magang keluarnegeri, Prakerja namun semunya harus mendaftar kekantor disnakertrans.(mon)