oleh

Caleg Berkarya Ivone Lanes Dijebloskan ke Penjara

KOMENTAREN.NET, Bitung – Setelah lama berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) akhirnya Caleg Dapil Provinsi Sulut dari Partai Berkarya Ivone Vonny Lanes akhirnya menyerahkan diri ke Kantor Kejaksaan Negeri Bitung pada Senin (22/04).

Kedatangan tersangka langsung membuat pihak Kejaksaan dan Tim Gakkumdu langsung memprosesnya untuk dapat segera digelandang di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tewaan di Kecamatan Ranowulu.

Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Edy Kusniady ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa memang Caleg DPO yang telah terbukti bersalah dalam Proses Pengadilan dengan putusan 3 bulan penjara sudah menyerahkan diri. “Ya terdakwa Caleg Berkarya Ivone Lanes sudah menyerahkan diri dan tadi siang kami sudah membawanya ke Lapas,” tutur Kusniady.

Sebelumnya oknum Calon Legislatif dari Daerah Pemilihan Provinsi Sulut Minahasa Utara-Kota Bitung Ivone Vonny Lanes alias Ivone yang diduga telah melakukan kampanye dalam Gereja di Kota Bitung akan terancam hukuman 2 tahun Penjara.

Dimana dalam berkas tersebut menerangkan kronologis akan pelanggaran Pemilu yang dilakukan Ivone dimana  pada hari Sabtu ,19 Januari 2019 sekitar jam 12.30 WITA bertempat di Gereja Advent Sentral Madidir Kota Bitung sambil berjabat tangan dengan Jemaat di pintu depan Gereja kemudian, tersangka IVL membagikan kartu nama yang bertuliskan. “Mohon Doa dan dukungan coblos nomor urut 7 IVL Caleg DPRD Provinsi Sulut Dapil 2 Minut dan Bitung dengan logo Parta Berkarya. Hal ini diduga melanggar Pasal 521 Juncto Pasal 280 ayat (1) huruf h UU. No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum
Selain hukuman penjara paling lama 2 tahun juga akan didenda 24 juta rupiah sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 521.

Hal ini terungkap setelah berkas dari Polres dan Bawaslu Kota Bitung telah melimpahkan berkas dari oknum Caleg Provinsi dari Partai Berkarya kepada pihak kejaksaan Bitung. Dalam persidangan Ivone Lanes dijatuhi hukuman penjara 3 bulan. Akan tetapi selama proses persidangan tersangka tidak pernah hadir.(nan)