oleh

Cakumtua Menayang : Tekad Saya Membangun Desa Sendangan

Minahasa, Komentaren.net- Donny Yorgen Menayang, calon hukum tua (cakumtua) Desa Sendangan Kecamatan Sonder, punya program unggulan yang akan dijadikan acuan jika mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Dia mengatakan, ada sejumlah gagasan yang dapat menjadi pembanding bagi masyarakat untuk menentukan pilihan kepadanya, sesuai misi: menjadikan Desa Sendangan sebagai Desa Mandiri, sudah tersusun dengan cermat dan seksama.

“Ada lima poin yang menjadi penyokong tercapainya tujuan itu, yakni profesional, team work, bumdes, abdi desa, dan evaluasi. Dari 4 program akan dievaluasi apa yang jalan dan terkendala,” ujarnya, Selasa (24/5/2022).

Dalam menggerakkan ekonomi masyarakat, dia melanjutkan, tentunya dengan mengelola sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada.

Selain itu untuk program yang menyentuh lapisan masyarakat dari anak usia sekolah, yakni mengupayakan pemberian beasiswa bagi anak kurang mampu namun berprestasi. Untuk remaja dan pemuda berupaya menyediakan sarana olah raga dan seni.

“Sebagai tulang punggung desa di kemudian hari, menciptakan sarana yang bisa menampung hobi mereka dalam bidang seni budaya dan olahraga sangat penting, agar potensi dan talenta yang mereka miliki tersalur dan bisa dikembangkan untuk berprestasi membawa nama desa dan daerah,” kata Menayang.

Sementara untuk mengembangkan sektor ekonomi khususnya bagi perempuan atau ibu-ibu, apalagi sendangan sebagai desa wisata harus mampu menciptakan lapangan kerja berupa usaha kecil menengah seperti kuliner, kerajinan tangan dan juga kelompok budi daya.

“Program saya bagi kalangan lanjut usia (lansia) yakni menyediakan apa yang namanya Posyandu Lansia yang fungsinya melayani kebutuhan kesehatan bapa ibu kita yang berusia lanjut,” tuturnya.

Dia menambahkan, Inti dari semua harapan itu bisa terwujud dan berjalan jika masyarakat mempercayakan dirinya sebagai Kumtua Desa Sendangan lewat proses pencoblosan pada 31 Mei mendatang, mengedepankan asas tranparansi di semua pengelolaan keuangan.

“Sebagai orang percaya, apa yang menjadi rencana dan harapan, terlebih tekad saya membangun desa tercinta semuanya serahkan kepada Tuhan Yesus. Berdoa dan bekerja adalah kunci menjawab harapan masyarakat Desa Sendangan,” ucapnya.

Mengakhiri perbincangan, penggagas Fareck Community Sonder ini pun berpesan kepada semua pendukungnya untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dan saling menghargai antar-sesama pendukung calon.

“Terima kasih atas dukungan semua elemen warga baik tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, orang Sonder di perantauan, keluarga terutama istri dan anak-anak tercinta. Semoga Tuhan menjaga dan melindungi kita semua,” ucap Ayah dari 1 putra dan 2 putri ini mengakhiri.(nes)