oleh

Bundesliga Bergulir Lagi, Ribuan Pemain Dites Corona

KOMPETISI Sepakbola di Jerman, Bundesliga akan menjadi liga utama Eropa pertama yang bergulir kembali setelah dihentikan akibat pandemic corona.

Kompetisi Bundesliga akan mulai dimainkan 16 Mei 2020 waktu setempat, dimana salah satu jadwal duel adalah ‘Revierderby’ antara Borussia Dortmund dan Schalke.

Seperti dilansir dw.com, rencana yang diajukan oleh DFL (German Football League) ini, telah melewati proses politik meskipun ada keberatan dari sejumlah kecil negara bagian Jerman. DFL dan sebagian besar klub berharap akan memungkinkan musim kompetisi ini selesai.

Lalu seperti apa DFL melakukan screening sehingga kompetisi benar-benar bebas corona? Hal yang pasti pada pertandingan ini tidak ada penggemar yang diizinkan masuk. Begitu juga jumlah staf dan ofisial akan dibatasi.

Tim yang tiba di lapangan untuk bertanding akan tiba pada waktu yang berbeda alias tidak bersamaan. Jarak sosial akan diberlakukan seperti halnya formalitas pra-pertandingan, meliputi foto tim, jabat tangan, dan performa maskot akan ditiadakan.

Yang terpenting, para pemain akan diuji untuk coronavirus, setidaknya sekali seminggu dan hanya akan diizinkan untuk bermain jika mereka negatif dua kali berturut-turut. Bahkan bola akan didisinfektan sebelum dan selama pertandingan.

DFL mengumumkan, dari hasil 1.700 tes pertama pada hari Senin lalu, ada sepuluh orang dinyatakan positif, namun tidak ada yang memiliki gejala. Namun semuanya dikirim ke karantina selama dua minggu. Pada hari Kamis, CEO DFL Christian Seifert mengatakan tes kedua mereka menghasilkan dua yang positif. Dan protap kembali diberlakukan, yakni karantina.

Saat ini klub-klub Bundesliga kembali berlatih di kamp pelatihan untuk menghindari kontak dengan dunia luar, agar implikasi tes positif di masa depan tidak menjadi parah.

Lalu berapa banyak orang yang akan hadir di pertandingan?

Maksimal 322 orang. Itu sudah terdiri dari sekitar 100 di tiga zona yang ditentukan: yakni di dalam stadion, di tribun dan di luar stadion. Mereka hanya kalangan pemain, pelatih dan wasit, dan juga jurnalis (meskipun konferensi pers akan dilakukan secara virtual). Bundesliga melarang fans masuk ke stadion sampai akhir Agustus 2020. (dw/sbr)