oleh

Buka Rakor GTRA, Wabup Minahasa Sampaikan Hal Ini

Minahasa, Komentaren.net – Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey SSi (RD) membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Minahasa Tahun 2021, bertempat
di hotel Mercure Mandolang, Jumat (28/5/2021).

Dalam sambutannya Wabup RD mengatakan, pelaksanaan kegiatan GTRA memiliki arti penting sebagai upaya menata kembali kehidupan bersama yang berkeadilan sosial.

“ Tujuan reforma agraria di antaranya, mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan, menangani sengketa dan konflik agraria dan panduan pelaksanaan GTRA,” ujar Wabup RD.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah berkomitmen melaksanakan reforma agraria.

” Reforma agraria secara fundamental memberikan program-program yang dapat menuntaskan masalah kemiskinan masyarakat desa, meningkatkan kesejahteraan dengan kemandirian pangan nasional, meningkatkan produktivitas tanah, memberikan pengakuan hak atas tanah yang dimiliki baik secara pribadi, negara, dan tanah milik umum yang pemanfaatannya untuk memenuhi kepentingan masyarakat”, ungkap Wabup RD.

Dia berharap permasalahan pertanahan di Minahasa dapat diatasi dengan baik sehingga program konkrit (Nyata,red) pemerintah di bidang tersebut segera terealisasi untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

” Melalui rakor ini diharapkan dapat menjadi perhatian dari seluruh pemangku kepentingan untuk dilakukan identifikasi kendala dan akar permasalahan dalam bidang agraria dan pertanahan sehingga dapat memperoleh solusinya,” pungkasnya.

Sebelumnya Wabup RD memaparkan Tahun 2019 kegiatan reforma agraria sudah pernah dilaksanakan dengan pemberian sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang bersumber dari tanah Hak Guna Usaha (HGU) yang telah habis masa berlakunya dan bekas tanah erphact kepada masyarakat di Desa Ranotongkor, Desa Ranotongkor Timur, Desa Kumu dan Desa Teling sebanyak 1.000 bidang dengan total luas 1.244.588 M2.

Selanjutnya di Tahun 2020, telah dilaksanakan redistribusi tanah di Desa Rumbia, Kecamatan Langowan Selatan yang bersumber dari tanah kelebihan maksimum sebanyak 53 bidang dengan luas 40,38 HA.

Turut hadir pada kegiatab tersebut, Sekdakab Minahasa, Frits Muntu, S.Sos dan Kepala Kantor Pertanahan Minahasa, Drs. Alexander Wowiling, M.Si, Kadis PU Minahasa Tedy Lumintang, Kadis PMD Minahasa Minahasa Jeffry Tangkulung, Kaban Keuangan Dolfie Tanor.(nes)