oleh

BPS Bolmut Lakukan Susenas Maret Mendatang

KOMENTAREN.NET, Bolmut – Jika tak ada aral melintang, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan segera melaksanakan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret mendatang. Hal itu disampaikan Kepala BPS Bolmut, Janny Eduard Maliangkay jumat belum lama ini. “Mudah-mudahan 1 Maret 2020, Susenas akan dilaksanakan,” ucap Janny.

Janny mengatakan, survei tersebut rutin dilaksanakan setiap bulan Maret dan September. “Sebab Susenas selalu menjadi agenda rutin BPS tiap tahunnya,” kata dia. “Untuk Susenas kali ini, BPS Bolmut menyiapkan 54 petugas lapangan dan 9 orang pengawas yang dilatih dalam dua gelombang,” sambungnya.

Lanjutnya, gelombang pertama berlangsung sejak tanggal 3 hingga 6 Februari, selanjutnya gelombang kedua akan dimulai pada 7 hingga 10 Februari 2020, dengan menghadirkan Nurul Hidayah sebagai instruktur nasional.

Dijelaskannya, Susenas tahun 2020 ini tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni setiap petugas akan mendatangi desa dan rumah yang terpilih sebagai lokasi pencacahan. “Tepat tanggal 1 Maret 2020, petugas yang dilatih ini akan turun lapangan sesuai dengan desa tujuan yang telah ditentukan oleh BPS Pusat. Setiap petugas akan menggali sedetail mungkin informasi terkait persoalan sosial dan ekonomi di rumah tangga yang dituju,” terangnya.

Ditambahkannya, rata-rata petugas pada Susenas Maret tahun 2020 ini adalah orang-orang yang berpengalaman dan selalu menjadi mitra BPS Bolmut dalam setiap agenda pendataan.

Janny berharap, petugas yang telah dilatih bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Hal ini karena petugas BPS adalah ujung tombak negara dalam memperoleh data dan informasi terkait kondisi masyarakatnya. “Saya ingatkan agar petugas bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai ketentuan yang berlaku. Agar supaya data yang didapat benar-benar akurat dan bisa dipertanggung jawabkan,” pungkasnya.(RHB)