oleh

BPBD, TNI-POLRI dan Masyarakat Padamkan Karhutla Imokima

KOMENTAREN.NET, Bolmut – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bersama TNI – POLRI berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Imokima, Desa Sangkub Timur, Kecamatan Sangkub.

“Puji syukur karhutla yang terjadi di Gunung Imokima Desa Sangkub Timur Kecamatan Sangkub berhasil kita padamkan,” ujar Kepala BPBD Vicktor Nanlessy kepada komentaren.net, Minggu (1/9/2019).

Viktor menjelaskan Karhutla yang terjadi di Gunung Imokima Desa Sangkub Timur Kecamatan Sangkub merupakan lahan kosong semak belukar yang belum diketahui pemiliknya. “Lahan yang terbakar tidak terlalu luas. Pemilik lahan belum kita ketahui, api berhasil dipadamkan oleh BPBD bersama TNI-POLRI dibantu warga setempat dengan menggunakan alat seadanya,” jelas Viktor.

Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bolmut ini mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dalam membuka perkebunan, yang dampak dari kejadian tersebut sangat merugikan semua pihak. “Kami terus mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan dalam membuka perkebunan karena sudah ada sanksi tegas diberikan kepada pelaku,” imbuhnya. Diketahui Karhutla ini terjadi pada Jumat (30/8/2019) malam. Mengetahui kejadian tersebut, BPBD bergerak cepat dibantu TNI-POLRI, Pemerintah Kecamatan beserta Masyarakat memadamkan Karhutla tersebut hingga Sabtu (31/8/2019) pagi.(rhb)