oleh

BPBD Minahasa Gelar Kegiatan IKD

Minahasa, Komentaren.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa menggelar kegiatan Penyusunan Indeks Kapasitas Daerah (IKD), Senin (19/9/2022).

Kegiatan diawali dengan sambutan Bupati Minahasa yang dibacakan oleh Kepala Badan BPBD Minahasa Nofry W. Lontaan ST.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Mercy M. F. Rampengan, S.Pi., M.App.Sc., Ph.D, Dosen FMIPA Unima, yang juga selaku anggota Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri seluruh OPD terkait ini difokuskan pada pengisian pertanyaan yang harus dijawab, ada tujuh prioritas dari 71 indikator yang diminta. 

Kepala BPBD Minahasa Nofry W. Lontaan ST mengatakan, pihaknya meminta dukungan kepada seluruh OPD terkait untuk dapat bersama menyelesaikan jawaban dari draft pertanyaan IKD dimaksud. Hal ini dikarenakan indikator yang diberikan melingkupi beberapa OPD dari berbagai bidang.

“Untuk itu kami mohon dukungan dari Bapak Ibu sekalian mewakili OPD masing-masing,” ujarnya.

Penilaian IKD memberi beberapa manfaat bagi daerah. Di antaranya mengetahui jenis bencana dominan, mengetahui prioritas rencana, kegiatan dan program, mengetahui tingkat kapasitas daerah serta mengetahui trend indeks resiko bencana. 

Kabupaten Minahasa rawan dari berbagai bencana alam, beberapa potensi lainnya menjadi hal yang perlu mendapat perhatian.

Ia meyakini bahwa IKD yang disusun ini akan menampilkan gambaran sejauh mana potensi bencana serta kesiapan daerah dalam menghadapi berbagai bencana yang mengancam.

“Terkait bencana sedapat mungkin kita berdoa untuk dijauhkan. Namun sudah jadi kewajiban untuk kita senantiasa waspada dan siap sedia kalau memang hal-hal tersebut kemungkinan terjadi,” ia menambahkan.(nes)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *