oleh

Bonus Atlet Porprov Minsel tak Kunjung Cair, Ketua KONI: Hanya Perlu Sabar

KOMENTAREN.NET, Manado – Sejumlah atlet peraih medali yang memperkuat kontingen Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) 2019 di Kota Bitung kembali mempertanyakan janji Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Minsel tentang pemberian bonus juara.

Para atlet pantas kecewa berat dengan KONI Minsel hanya memberikan janji-janji manis. Namun realisasi KONI tidak ada. Terlebih, ajang Porprov 2019 sudah berlalu sekitar dua bulan.

“Sampai saat ini belum diberikan hak para atlet. Padahal banyak yang dikorbankan untuk meraih medali bagi Kabupaten Minsel,” terang Wakil Ketua II PERBASI Minsel, Rivan Rempowatu usai menghadiri pelantikan PERBASI Sulut periode 2019-2024 di Kantor Gubernur Sulut, Sabtu (08/02/2020) sore.

Meski demikian, ia dan para atlet lainnya mengaku kesal lantaran proses pencairan bonus atlet molor selama dua bulan. Rivan mengaku dirinya kerap ditanyai soal bonus yang didapatnya oleh atlet dari Kabupaten/Kota lain. Menurutnya, atlet dari Kabupaten/Kota lain tidak ada yang molor dan bonus sudah dibayarkan lunas sejak lama.

“Ini bukan soal nominal uang, tapi bagaimana KONI Minsel menghargai keringat bahkan darah yang telah dikorban untuk meraih medali bagi Kabupaten Minsel,” kecam Rivan yang juga menjadi official tim Basket Minsel.

Sementara itu, Ketua KONI Minsel James Kojongian mengatakan bakal memberikan bonus kepada seluruh atlet yang meraih medali. “Akan diberikan bagi semua atlet. Hanya perlu sabar dalam proses. Pastinya atlet akan menerima,” jelas Kojongian yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Sulut ini.

Menurut informasi para atlet dijanjikan bakal menerima bonus jika memberikan medali bagi kontingen Minsel diajang Porprov Sulut 2019. Adapun janji bonus yang disampaikan bervariasi; untuk perorangan jika meraih emas bakal menerima Rp.10 juta, perak Rp.7 juta dan perunggu Rp.5 juta. Sedangkan beregu kategori sepakbola jika meraih emas bakal menerima Rp.25 juta, beregu lain Rp.20 juta, perak Rp.15 juta dan perunggu Rp.10 juta. Adapun kontingan Minsel berhasil mendapatkan 13 emas, 19 perak dan 54 perunggu pada Porprov Sulut tahun 2019 di Kota Bitung.(bil)