oleh

Bolmut Tertarik Kembangkan Investasi Kelapa Biji

KOMENTAREN.NET, Bolmut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Jumat (30/8/2019) belum lama ini melakukan kunjungan ke Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Kunjungan tersebut dalam rangka Studi Tiru Investasi Kelapa Biji di Provinsi serambi Medinah itu. Kunjungan yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut itu diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah U. Thayeb, MM bertempat di Ruang Rapat Madani Kantor Bupati Gorontalo.

Usai diterima secara resmi oleh Pemkab Gorontalo, Sekda Asripan Nani bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke pabrik pengolahan kelapa PT. Royal Coconut Gorontalo Desa Ombulo Kecamatan Limboto Barat. PT. Tri Jaya Tangguh Desa Motoduto Kecamatan Boliyohuto.

Menurut Sekda, Studi Tiru dan kunjungan ke beberapa Pabrik tersebut bertujuan untuk membangun kerja sama investasi dengan Pemkab Gorontalo sekaligus komunikasi langsung dengan investor khususnya perusahaan olahan yang menggunakan bahan baku kelapa. “Kami mencoba menjajaki Investasi Kelapa Biji apakah bisa dikembangkan di Kabupaten Bolmut. Mengingat Bolmut memiliki Sumber Daya Alam yang berlimpah, khususnya komoditi Kelapa,” ucap Sekda saat dihubungi komentaren.net, Minggu (1/9/2019).

Doktor jebolan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu menambahkan dari hasil studi tiru ini bolmut memiliki potensi yang cukup menjanjikan untuk pengembangan Investasi kelapa biji. “Mereka (Investor) sangat responsif terhadap keinginan kami dengan harapan ada kemudahan yang diberikan kepada Investor. Misalnya perizinan dan lain-lain,” jelas Asripan.

Lanjut Sekda, Pemerintah akan berupaya secepatnya menyusun konsep guna menindaklanjuti hasil studi tiru ini. “Hal ini akan kami laporkan ke pimpinan,” pungkasnya. Studi tiru ini turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Bolmut Aang Wardiman, Ak.CA, Kepala Dinas PMPTSP Abd. Haris Bangko, SH, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Dra. Leida Pontoh, M.Si, Sekretaris Bapelitbang Aroman Talibo, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Habibi Alamri dan para Camat.(rhb)