oleh

Bitung Gelar Kejuaraan Terbuka INKAI 2019

KEJUARAAN Terbuka INKAI 2019 digelar di Kota Bitung tanggal 24-25 Oktober mendatang. Selain itu juga kegiatan yang dilaksanakan di Terminal Tangkoko ini, akan dilanjutkan dengan Gashuku dan ujian Dan untuk zona V tanggal 26-27 Oktober 2019.

Ketua INKAI Kota Bitung, Geraldi Sondakh yang ditunjuk sebagai ketua penyelenggara kejuaraan karate ini kepada Komentaren, Selasa (22/10), mengatakan karate sebagai salah satu seni beladiri yang dijiwai oleh hakikat dan filsafat Bu-Do (jalan kebaikan) kemudian melahirkan semangat Bushido (jalan pejuang),  perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai karateka yang juga menghidupi sumpah karate diharapkan karateka memiliki karakter yang kuat. Hal inilah yang ingin diperkuat kembali untuk setiap atlit dengan diadakannya Kejuaraan Terbuka INKAI 2019 di Bitung ini,” ungkap Sondakh.

Dijelaskannya, untuk kegiatan Gashuku dan ujian Dan, akan didatangkan dewan guru dari pusat untuk memantau kegiatan, agar kegiatan berlangsung dengan tertib dan transparan.

Sedangkan dalam pertandingan nanti, ungkap Sondakh,  peserta dibagi lima kelompok, masing-masing Kelompok Usia Dini (putra-putri usia 8-9 tahun), Kelompok Pra Pemula (putra-putri usia 10-11 tahun), Kelompok Pemula (usia 12-13 tahun), Kelompok Cadet (putra-putri 14-15 tahun), serta Kelompok Under 21 (usia 16,17,18,19 dan 20 tahun).

“Jumlah peserta nantinya diperkirakan mencapai 500 karateka yang datang dari seluruh daerah Sulawesi.  Diharapkan kejuaraan ini menjadi penyemangat untuk setiap perguruan cabang bela diri karate,” kunci Sondakh. (sbr/rik)