oleh

Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City Minahasa Resmi Ditutup

Minahasa, Komentaren.net – Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Master Plan Smart City Minahasa tahap 4 resmi ditutup, bertempat di Benteng Moraya Tondano, Selasa (9/11/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah kabupaten Minahasa bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, diakhiri dengan penandatanganan komitmen seluruh kepala OPD di Lingkup Pemkab Minahasa atas dukungan Smart City.

Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring MSi, dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II Wenny Talumewo, menyambut baik dimana Kabupaten Minahasa terpilih menjadi salah satu dari 48 kab/kota di Indonesia, dalam program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2021

“kegiatan ini sebagaimana nota kesepakatan yang sudah ditandatangani antara pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, tentang implementasi gerakan menuju kota cerdas “Smart City” tahun 2021,” ujarnya.

Maka, lanjutnya, pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI telah menggelar bimbingan teknis penyusunan masterplan kota cerdas “Smart City”, sebanyak empat tahap.

” Diharapkan setiap program pemerintah harus bermanfaat langung kepada masyarakat karena Smart City bukan lagi pilihan tetapi wajib dijalankan, karena pembangunan setiap pemerintah daerah harus menggunakan konsep smart city,” kata Talumewo.

Lebih lanjut dikatakannya, Smart City merupakan konsep pembangunan pemerintah daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi, agar masyarakat merasakan aman, nyaman, mudah, sehat, makmur.

” Yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja pemerintah daerah dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Setiap program dari masing-masing perangkat daerah diharapkan dapat mewujudkan Kabupaten Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman yang sudah ditandatangani oleh Bupati Minahasa dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo IR.

” Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang ditandatangani Bupati Minahasa dan Kementerian, maka Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar bimbingan teknis penyusunan masterplan Smart City yang dilaksanakan dalam bentuk penyajian materi dari pembimbing dan tenaga ahli Smart City, serta diskusi dan tanya jawab,” pungkasnya.

Turut hadir : Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wenny Talumewo, Kepala dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, serta para Pembimbing dan Tenaga Ahli Smart City Andrari Grahitandaru Msc, Ir. Tonny Hanif Msc, Putu Ananda Sanjiwani Saskita Sip, Yohanes Rico Nnanda Putra (Auditor kementerian Komunikas dan Informatika RI) dan seluruh peserta bimbingan teknis.(nes)