oleh

Bersih-Bersih Sampah di Pelabuhan Dudepo

KOMENTAREN.NET, BOLSEL – Beberapa instansi pemerintah dan sejumlah komunitas di Kabupaten Bolsel, bahu membahu menggelar bersih-bersih pantai, Jumat (12/4/2019). Lokasi dipilih sekitar lingkungan Pelabuhan Dudepo, Kecamatan Bolaang Uki.

Pihak-pihak  terlibat dalam kegiatan peduli lingkungan ini, antara lain Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, anggota TNI Angkatan Laut (AL) yang bertugas di Pos AL Bolsel, Bolsel Diving Club, Bolsel Fishing Club (BFC), POSSI Bolsel dan Ultra Light Fishing Club (ULFC).

Kegiatan mulai dilaksanakan sekira pukul 06.00 Wita sampai dengan pukul 11.00 Wita. Bersih-bersih sampah tidak hanya dilakukan di pinggiran pantai saja, tapi, sampah yang berada di dasar laut dekat pelabuhan juga ikut diangkut.”Kami bekerjasama. Di pinggiran laut semua terlibat melakukan bersih-bersih sampah.

Khusus di dasar laut di dekat pelabuhan sini menjadi bagian teman-teman dari BDC. Kebetulan mereka semua penyelam. Dan dalam kegiatan ini mereka membawa alat selam lengkap,” ucap Kepala DLH Bolsel, Suja Alamri yang juga turun langsung dalam kegiatan ini.

Lanjut Dia, dalam kegiatan ini diterjunkan sejumlah petugas kebersihan. “Sampah yang kita pungut di beberapa tempat. Selanjutnya, sampah yang sudah terkumpul itu diangkut oleh para petugas kebersihan untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Dinas Perikanan Bolsel, Awaludin Lamalani. Menurutnya, kegiatan bersih-bersih pantai ini akan dilakukan rutin setiap minggu. “Kami yang ada disini sudah sepakat akan rutin menggelar kegiatan bersih bersih sampah di lingkungan pantai termasuk di Pelabuhan Dudepo ini,” tutur Awaludin.

Kata Dia, dengan kegiatan ini dirinya berharap warga di sekitar Pelabuhan Dudepo pada khususnya dan warga Bolsel pada umumnya, bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan laut.

“Sebab, jika laut kita penuh sampah apalagi sampaih plastik, ini akan mengancam keberlangsungan ekosistem yang ada di laut. sementara, kita di Bolsel sebagian besar bergantung di laut,” kata Awaludin Lamalani.

Ketua BDC, Dudi Iskandar Sampe, mengatakan, apa yang dilakukan ini sekaligus mengedukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan pantai.“semoga saja dengan kegiatan ini, masyarakat kita menjadi terpanggil dan tidak lagi membuang sampah ke laut,” tutup Om Kuleng, sapaan akrabnya.(rhb)