oleh

Berkat Penelitian Polimdo, Masyarakat di Minut Bakal Nikmati Listrik dari PLTMH

KOMENTAREN.NET – Politeknik Negeri Manado (Polimdo) sukses melaksanakan penelitian Turbin Ulir Archimedes untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) di Desa Tatelu, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

PLTMH yang didanai melalui Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) Kementerian Ristek/BRIN. Polimdo mendapat kepercayaan oleh Direktorat Pengembangan Teknologi Industri untuk melaksanakan penelitian oleh Ketua peneliti Dr Tineke Saroinsong SST MEng, Tim peneliti Ir Ever Notje Slat MT bersama Alfred N Mekel SST MT dibantu oleh tim teknisi lainnya.

“Lokasi penelitian yang menjadi pilot projek ini bertempat di sungai Desa Tatelu, Minahasa Utara. Output Listrik yang dihasilkan adalah 8000 Watt. Penelitian ini sudah dipatenkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Nomor PatenHKI.3-HI.05.01.02.S00201906023,” ujar ketua peneliti Dr Tineke Saroinsong, Sabtu (21/12/2019).

Dijelaskan Saroinsong, penelitian ini siap dihilirisasi ke masyarakat dan industri. Menurutnya, saat ini sudah ada perusahaan yang mau bekerjasama dalam hilirisasi untuk pengembangan pemanfaatan PLTHH di Desa-desa yang belum mempunyai listrik.

“Meskipun pembangunan PLTMH perlu investasi yang cukup besar, tapi nilai ekonominya sangat dirasakan masyarakat,” ujar Saroinsong yang juga Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Polimdo.(bil)