oleh

Beri Contoh Warga, Bupati Cantik Ini Pungut Sampah

AMURANG-Acara bersih sampah di pesisir Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dalam momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, dibuka langsung oleh Bupati Minsel Dr Christiany Eugenia Paruntu SE (CEP).
Dalam kesempatan ini, Bupati yang akrab disapa Tetty Paruntu ini mengajak langsung warga untuk bersama-sama mengumpulkan sampah yang ada disekitar pantai dan pemukiman warga.
Saya mengapresiasi warga masyarakat, termasuk anak-anak yang antusias dalam mengumpulkan sampah. Dengan momentum HPSN 2019 ini, saya mengajak komitmen dari para Hukum Tua untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” kata Bupati Tetty Paruntu.
Bupati Tetty Paruntu juga akan menginstrusikan kepada dinas-dinas pemerintahan dan warga agar dapat berupaya mengurangi sampah plastik dan membawa tumbler bila ada acara.
“Demikian pula para guru dan pendidik untuk dapat memberikan pembelajaran terkait sampah. Saya juga berharap nantinya para siswa bisa memilah sampah dan membuang pada tempatnya,” tuturnya.
Sejumlah masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut memuji kepribadian yang ditunjukkan orang nomor satu di Minsel tersebut.
“Ibu Bupati tak memikirkan jabatannya sebagai seorang Bupati. Beliau dengan kerendahan hati memungut sendiri sampah-sampah yang dibuang oleh masyarakat. Patut menjadi contoh bagi masyarakat Minsel,” tukas Adrian warga setempat.
Disisi lain Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Dr Farianna Prabandari SHut MSi menyambut antusiasme para siswa-siswi dari SD, SMP, SMA yang hadir dalam HPSN 2019 dan memberikan kuis-kuis menarik untuk membangkitkan semangat kebersamaan.
“Saya mengapresiasi para siswa atas semangatnya dengan memenuhi undangan dari Hukum Tua Arakan dalam keterlibatan bersih sampah disepanjang pantai Desa Arakan. Padahal hari ini para siswa tersebut sedang mengikuti ujian tengah semester,” ujarnya.(bil)