oleh

Beli Foto Tua Rp27 Ribu, Pria Ini Kaya Mendadak

PRIA bernama Randy Guijarro tak pernah menyangka, dari membeli tiga buah foto tua di toko Memorabilia di Fresno County pada tahun 2010 lalu, bisa membuatnya kaya mendadak.

Ya, pria asal Amerika ini menemukan ‘harta karun’ tersembunyi dari foto antik yang ia beli. Dari harga awalnya senilai 2 dollar atau sekitar Rp27 ribu, Randy Guijarro kaget karena foto tersebut ternyata bernilai jutaan dollar.
Awalnya dia tidak melihat sesuatu yang tidak biasa dengan foto-foto itu.

Tapi kemudian, ketika dia memeriksa gambar-gambar tersebut, ia menemukan seorang tokoh yang tak asing. Randy baru mengetahui bahwa foto-foto miliknya adalah foto langka seorang penjahat Amerika.

Ia juga baru tahu bahwa foto tersebut bernilai jutaan dollar. Randy menggunakan kaca pembesar untuk memeriksa foto-fotonya, seperti dilansir grid.id.

Lalu dia melihat wajah yang familiar.
Dilansir dari video yang diunggah akun Inside Edition, Randy mengaku tak percaya dengan apa yang ia lihat.

“Ini adalah impian setiap pembeli toko barang bekas, membayar murah untuk barang yang ternyata berharga.

Itulah yang terjadi pada Randy Guijarro setelah ia membeli kotak foto lama seharga $ 2 di toko barang bekas.

Di dalam kotak, dia menemukan sebuah …,” tulis Inside Edition dalam unggahannya.

Dalam video tersebut, Randy terlihat bahagia. Ia menceritakan kembali bagaimana ia berhasil menguak misteri dari foto yang dimilikinya.

“Saya melihat dengan kaca pembesar untuk perhiasan, kaca pembesar kecil, dan pria di tengah, Tom O’Folliard, dia sama jernihnya dengan Anda dan saya. Saya pergi dan melihat siapa yang saya pikir dia tunjuk, ‘Oh tuhan! Orang ini, ini Billy the Kid,‘” katanya pada InsideEdition.com.

Billy the Kid, yang nama aslinya adalah Henry McCarty dan kemudian dikenal sebagai William Bonney, adalah seorang penjahat yang terkenal.

Dalam foto tersebut, dia dikelilingi oleh gengnya, The Regulators.

Mereka terlihat sedang bermain kroket pada sebuah pernikahan di Lincoln County, New Mexico, pada tahun 1878.
“Ketika pertama kali melihat foto itu, kami sangat skeptis – foto Billy the Kid yang asli adalah Holy Grail of Western American,” kata David McCarthy, seorang numismatik.

“Kita harus memastikan kita bisa menjawab dan memverifikasi di mana, kapan, bagaimana dan mengapa foto ini diambil.

Kemiripan sederhana tidak cukup dalam kasus seperti ini-tim ahli harus berkumpul untuk membahas setiap detail dalam foto untuk memastikan tidak ada yang tidak pada tempatnya,” ujar David.

Foto milik Randy adalah foto kedua yang dikonfirmasi merupakan gambar dari Billy the Kid. Foto tersebut sekarang diasuransikan dengan harga 5 juta dollar AS (Rp 68 miliar).

Sebelumnya pada tahun 2011 sebuah foto yang dikonfirmasi merupakan gambar Billy the Kid dijual seharga 2,3 juta dollar (sekitar Rp 31,6 miliar).

Randy Guijarro berharap kisahnya menemukan foto berharga dapat menginspirasi pemburu harta karun lain.

Ia berharap pada para pemburu harta karun agar memeriksa ulang barang koleksinya. “Saya harap ini meminta orang lain ke sana untuk melihat-lihat koper dan loteng karena ada banyak harta karun di luar sana,” katanya.(grd)