oleh

Bawaslu Minut: Perempuan Berperan Penting Awasi Pilkada 2020

KOMENTAREN.NET – Kaum perempuan memiliki peran penting dalam pengawasan tahapan kampanye, pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Untuk itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Minahasa Utara (Minut), menggelar sosialisasi Partisipatif Pengawasan Tahapan Kampanye Bagi Perempuan, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dan Bupati dan Wakil Bupati Minut, di Sutan Raja Hotel, Kalawat, Rabu, (07/10/2020).

Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy mengatakan, keterlibatan perempuan dalam partisipatif pengawasan sangat penting untuk mengawal tahapan kampanye Pilkada 2020. “Keterlibatan kaum perempuan ini adalah modal besar untuk mengawal dan menjaga agar proses tahapan pemilu kita ini berintegritas,” ungkap Awuy.

Ia mengatakan, perempuan agar bisa berperan aktif mengawasi dan mengawal, apalagi kondisi saat ini yang semakin masif dengan fenomena politik uang, ujaran kebencian, isu sara agama dan ras.

“Di tengah pandemi ini memang banyak tantangan. Tetapi dengan semangat mengawasi dan mengawal tahapan Pilkada ini akan berjalan dengan baik, jujur, adil dan berintegritas,”ujarnya.

Sementara itu, anggota divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Minut Rahman Ismail mengatakan, kegiatan sosialisasi melibatkan kaum perempuan dari lintas sektoral, lintas agama dan semua dedominasi agama yang diwakili 1-2 orang dalam upaya pengawasan tahapan kampanye.

“Bawaslu berharap selesai mengikuti sosialisasi ini, mereka dapat menyampaikan hal yang baik dan yang di larang dalam pelaksanaan tahapan kampanye Pilkada. Minimal dari keluarga sendiri agar tahapan Pilkada berlangsung dengan baik dan aman,”ujar Rahman. (vil)