oleh

Bawaslu Manado Klarifikasi Camat Mapanget

KOMENTAREN.NET, CAMAT Mapanget Rein Heydemans mendadak viral, Selasa (26/03) kemairn. Ini menyusul beredarnya video yang memperlihatkan aksinya memprotes pemasangan bendera Partai Solidaritas Indonesia (PSI), di ruas jalan utama Kecamatan Mapanget, Kota Manado. Dalam video itu, camat terlihat protes karena bendera untuk Partai Nasdem, tidak ada tempat lagi di tepi jalan tersebut.

“Bapak camat di sini? Kami sudah lebih dulu pasang bendera PSI pak. Sudah dari jam empat subuh. Ini saksi kami banyak,” kata seorang perempuan dalam rekaman video itu. Dalam video itu, kader dan simpatisan PSI mengaku keberatan bila bendera parpol mereka yang telah terpasang duluan, harus diturunkan atas perintah camat. Mereka terlihat bingung dan heran melihat seorang ASN sekelas camat, bermain politik praktis. “Aduh bapak camat? Kok camat pasang-pasang bendera,” selorohnya lagi.

Camat Mapanget Rein Heydemans yang coba diklarifikasi melalui ponsel, tidak membuahkan hasil. Handphonenya tidak aktif dihubungi wartawan siang hingga malam kemarin. Namun dalam rekaman, sempat terdengar suara Heydemans yang mengatakan bahwa Partai Nasdem yang telah terlebih dahulu melapor untuk pemasangan bendera di ruas jalan Mapanget. “Nasdem so kase tau lebe dulu karena ada ketum. Ngoni bagimana sama-sama dukung… Pokoknya dorang so lebe dulu ini. Turun-turun, cabu-cabu,” ujar Heydemans sambil menjauh. “Dorang so dari sana, ada pemberitahuan. Hah..,” sambungnya dari seberanh jalan. Terkait hal ini, Ketua Bawaslu Manado Marwan Kawinda SH mengaku sudah mendengar informasi tersebut. Dan pihaknya telah menyurat ke camat bersangkutan untuk dimintakan klarifikasinya.

“Sudah, sudah. Kami sudah menyurat untuk meminta klarifikasi. Esok (hari ini) jadwalnya,” tukas Kawinda via ponsel, kemarin. Sementara, terkait netralitas ASN, Bawaslu Manado diketahui sudah menindak terlebih dulu dua oknum camat di kota ini, yakni Camat Bunaken Kepulauan dan Camat Sario. Bawaslu Manado bahkan sudah meneruskan klarifikasi dua oknum camat ini ke Komisi Apratur Sipil Negara atau KASN. “ASN itu harus netral,” tegas Anggota Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih waktu lalu.(yha)