oleh

Bawaslu Manado Ketambahan 1.389 Personil

KOMENTAREN.NET, MANADO – Badan Pengawas Pemilu Kota Manado ketambahan 1.389 personil. Ini setelah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kota Manado, dilantik Senin (25/03) kemarin. Kepada wartawan, Anggota Bawaslu Manado Heard Runtuwene menjelaskan, pelantikan PTPS dilakukan serentak dimasing-masing kecamatan oleh pihak panwaslu kecamatan. Para PTPS ini nantinya tidak saja hanya akan bertugas di TPS, melainkan akan ikut menjalankan tugas-tugas pengawasan pada tujuh hari sebelum dan dua hari sesudah pemilu, 17 April 2019.

“Ini adalah amunisi Bawaslu Manado yang baru. Kami bersyukur 1.389 orang ini sudah resmi dilantik dan akan ikut mengawasi tahapan pemilu, termasuk mengawasi pergerakan caleg yang nekat melakukan praktik serangan fajar (politik uang),” seloroh Heard saat menghadiri pelantikan PTPS di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemaparannya, mantan Ketua Panwaslu Manado ini mengakui tiga hari sebelum hari “H”, Kota Manado akan berada pada musim ‘hujan lebat’. Di mana saat-saat tersebut, caleg seringkali melancarkan aksi “serangan fajarnya”.

“Jadi dalam konteks ini, PTPS juga akan ikut memainkan perannya dalam hal pengawasan. Bagi caleg ataupun tim sukses yang ketangkap tangan atau terbukti money politic, yah tanggung sendiri risikonya,” tegasnya diamini Ketua Panwaslu Sario Jandry Kandores dan Anggota Sylviane Kaparang. Di satu sisi ia menjelaskan, jumlah PTPS yang dilantik kemarin adalah sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kota Manado, yakni sebanyak 1.389 TPS. Dan seusai pelantikan, para PTPS ini langsung dibekali dengan bimbingan teknis atau bimtek terkait tugas, fungsi dan wewenang.

Menurut Heard, pada dasarnya tugas, fungsi dan wewenang PTPS tidak berbeda dengan panwas kelurahan, panwaslu kecamatan bahkan bawaslu. PTPS menurutnya adalah bagian tak terpisahkan dari keluarga besar Bawaslu Republik Indonesia. “Para PTPS ini benar-benar menjadi ujung tombak pengawasan. Yang terpenting fungsi koordinasi harus dijalankan dengan baik,” tukas Koordiv SDM, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Manado tersebut. Diketahui, dalam pelantikan PTPS secara serentak kemarin, turut dihadiri unsur pemerintahan, TNI dan Polri.(yha)