oleh

Basmi Kejahatan Jalanan, Kapolda Sulut Bakal Aktifkan Timsus Barracuda

KAPOLDA Sulawesi Utara (Sulut) yang baru, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, MM menyampaikan kebijakan yang harus dijalankan jajaran Polda Sulut sampai di tataran polsek-polsek. Salah satu yang ditegaskan Kapolda Lumowa adalah pemberantasan kejahatan jalanan atau street crime.

“Kita akan aktifkan kembali Timsus Barracuda. Saya juga minta kita semua untuk cepat menyelesaikan kasus-kasus menonjol,” pungkas Irjen Lumowa saat menyampaikan commander wish atau kebijakan pimpinan kepada para Pejabat Utama Polda Sulut dan Kapolres/ta jajaran, Rabu (19/02/2020), di ruang Tri Brata Mapolda Sulut.

Disampaikan Humas Polda Sulut, ada delapan kebijakan Kapolda Sulut yang akan diterapkan hingga ke tingkat Polsek demi mewujudkan Polri yang Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) Menuju Sulut yang Hebat dan Maju.

Delapan kebijakan itu meliputi: 1. Mewujudkan SDM Polri yang Unggul;

2. Pemantapan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat;

3. Meningkatkan Kehadiran Anggota Polri di Lapangan;

4. Penguatan Penegakan Hukum yang Profesional dan Berkeadilan;

5.Pemantapan Manajemen Media;

6. Memperkuat Sinergitas TNI-Polri;

7. Percepatan Penyediaan Sarana, Prasarana dan SDM, Serta Penambahan Polsek di Enam Polres Baru; serta 8. Penguatan Pengawasan.

Menurut Kapolda Irjen Royke Lumowa, kebijakan tersebut sebagai wujud penjabaran dan tindaklanjut dari Program Prioritas Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si.

Lumowa lalu mengulas lebih dalam mengenai implementasi dari masing-masing poin kebijakan tersebut. Di antaranya pada poin 2, 3, dan 4. Dalam poin 2, Kapolda Sulut Lumowa memprioritaskan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 yang mantap dan kondusif.

“Mari kita minimalisir potensi pelanggaran dalam pemilihan, seperti konflik horisontal, black campaign, curi start kampanye, serta bentuk-bentuk pelanggaran lainnya,” ujarnya, didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Drs. Tabana Bangun, M.Si., dan Irwasda, Kombes Pol Ahmad Alwi, M.M.

Kapolda Irjen Lumowa juga menegaskan, seluruh anggota dan PNS Polri harus menjunjung tinggi netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah. Kemudian dalam poin kebijakan ke-3, Kapolda meminta seluruh jajaran untuk meningkatkan patroli rayon. “Kita tunjukkan bahwa kita hadir di tengah-tengah masyarakat. Contohnya, penggelaran personel di jalan saat jam-jam sibuk dan cepat untuk mendatangi TKP,” kata Kapolda Lumowa yang hobi bersepeda ini.

Dan dalam poin ke-4, Kapolda mengajak seluruh jajaran untuk membasmi street crime atau kejahatan jalanan dengan mengaktifkan tim khusus bernama Barracuda. Seperti diketahui, akhir-akhir ini sering terjadi kejahatan jalanan di Sulut yang meresahkan seperti halnya aksi penikaman. (trb/hms)