oleh

Baru Unsrat PT di Sulut Raih Akreditasi A

KEMENTRIAN Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (PT) melansir data terbaru perguruan tinggi di Indonesia yang meraih akreditasi A nasional. Di Sulawesi Utara, baru Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang masuk dalam jajaran daftar 96 perguruan tinggi (PT) akreditasi teratas ini. 

Unsrat sendiri masuk di wilayah 9 meliputi Sulawesi dan Gorontalo. Dan di wilayah ini, selain Unsrat terdapat Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Negeri Alauddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Negeri Makassar.

Menristek Dikti Mohamad Nasir terus mendorong perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta, agar dapat meningkatkan kualitas untuk memperoleh akreditasi A. Menristekdikti mengungkapkan hal ini merespons tantangan dan peran perguruan tinggi dalam menghadapi era industri 4.0.

“Saya mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas, baik swasta maupun negeri. Hal ini merespons tantangan dan peran perguruan tinggi dalam menghadapi era industri 4.0,” kata Menteri Nasir saat menghadiri Wisuda dan Dies Natalis ke-70 Univeristas Nasional di Jakarta Convention Center (22/09).

Menristekdikti menyebutkan, dibandingkan awal masa pemerintahannya terjadi lompatan jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang telah meraih akreditasi A. Ia menyebutkan saat ini sudah ada 96 perguruan tinggi di Indonesia yang telah meraih akreditasi A. 

Berdasarkan data resmi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dari 2.288 perguruan tinggi (PT) yang mendapat akreditasi A baru 96 perguruan tinggi. (sbr/dkt)