oleh

Bangkitkan Sektor Pariwisata dengan MICE Protokol Kesehatan CHSE

KOMENTAREN.NET – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berinovasi dalam upaya membangkitkan pariwisata dan perekonokmian Indonesia di era pandemi Covid-19. Salah satu yang dilakukan adalah menggelar simulasi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) dengan mengedepankan protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).

Budi Supriyanto S.Kom, MM dari Kemenparekraf saat menyerahkan bingkisan kepada peserta MICE dengan menggunakan protokol kesehatan.

CHSE atau kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan sangat penting diperlukan untuk mengaktifkan kembali sektor pariwisata, terutama meyakinkan turis. Budi Supriyanto S.Kom, MM selaku perwakilan Kemenparekraf mengatakan, penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE dapat meningkatkan kepercayaan wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru.

“Ini yang harus kita terapkan dan kita tidak harus menunggu lama untuk meningkatkan kepercayaan wisatawan, agar supaya sektor pariwisata bisa bangkit kembali,” ujar Budi di sela-sela kegiatan yang dipraktekkan oleh peserta MICE

Menurut Budi, yang terpenting dari semuanya dibutuhkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan. Baik turis lokal maupun Mancanegara tidak perlu takut, karena standart prosedur yang akan kita terapkan bakal ciptakan sejarah baru bagi dunia pariwisata dimasa pandemi.

“Ini akan menjadi sejarah baru bakal mendunia kalau kita sukses terapkan panduan protokol kesehatan berbasis CHSE.
Dan para wisatawan bisa merasa aman dan nyaman saat berkunjung ke Indonesia yang memiliki surga wisata yang begitu banyak,”pungkasnya.

Berdasarkan pantauan, Kemenparekraf tak hanya melakukan sosialisasi, tapi langsung mempraktekkan bagaimana cara wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi tempat wisata mengikuti prosedur CHSE dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Dimana, beberapa tempat wisata di Sulawesi Utara seperti Paradise, Pantai Pal, Pulisan, Mercure, New Bunaken dan kawasan ekowisata Desa Bahoi, di kunjungi para peserta MICE dan langsung mempratekkan cara wisatawan mematuhi protokol kesehatan saat berkunjung ke lokasi wisata. (marvil)