oleh

Babinsa Koramil 07/Tabut Laksanakan Penanaman Pohon

KOMENTAREN.NET, Tahuna – Koramil 1301-07/Tabukan Utara (Tabut) Melaksanakan Penghijauan Penanaman pohon Mahoni di bantaran sungai Hope Dusun Lingkawa kampung Beha. Kecamatan Tabukan Utara Rabu (15/01).

Penanaman pohon Mahoni dipinggiran sungai Hope yang bertujuan untuk mengganti  kembali pohon yang sudah Rusak dan mengantisipasi adanya  Bahaya Banjir,  diikuti Koramil 07/Tabut yang diwakilkan ke Babinsa  Sertu S. Derek,  Kapolsek Tabut Iptu Tompoh bersama sepuluh anggota polsek dan  Camat Tabut Hasyim Samalam SSos, termasuk Kapitalaung (Kepala kampung) Kampung Beha  Amantu Salamate dan dua puluh orang masyarakat Kampung Beha. “Kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai upaya mendukung program penghijauan yang dicanangkan pemerintah maupun oleh TNI AD secara serentak di seluruh Indonesia melalui serbuan teritorialnya,” ungkap Babinsa Tabut Derek.

Dijelaskan pula, melalui penghijauan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam, sebab menanam pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam, dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar, asri dan mencegah terjadinya longsor.

“Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat yang diperoleh. Momen ini dapat juga sebagai wahana mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai alam, dengan mencintai alam maka kehidupan akan nyaman. Menanam sama juga menabung untuk hari depan. Pohon yang sudah ditanam sekarang suatu saat nanti kalau sudah besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama masyarakat Desa Beha,” ujarnya. 

Camat Tabukan Utara Hasyim Samalam SSos ditemui terpisah mengatakan, akar tanaman mahoni yang kuat akan memperkokoh kondisi tanah sehingga akan menahan terjadinya longsor sehingga diwaktu penghujan akar pohon-pohon akan menyerap air, sekaligus sebagai cadangan saat musim kemarau sehingga air tidak sulit,” kata Samalam sembari menambahkan.

Kegiatan yang berlangsung mulai pagi diikuti 32 orang dari lapisan masyarakat desa Beha secara bersama-sama menanam pohon dengan penuh semangat dan keceriaan, sehingga  pekerjaan dapat selesai dalam waktu singkat.(ver)