oleh

Awasi Pembahasan APBD-P 2021 dan APBD 2022, KPK Ingatkan Pemda Dan DPRD

KOMENTAREN.NET- Banggar DPRD Sulut dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Telah tuntaskan pembahasan KUA-PPAS APBD-Perubahan 2021, Selasa (24/07/2021).

Dalam waktu dekat akan dilanjutkan dengan pembahasan Ranperda APBD-Perubahan 2021.

Terkait hal ini pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menaruh perhatian serius terhadap proses pembahasan antara pihak eksekutif dan legislatif.

Bahkan, kPK sendiri menyatakan akan melakukan pengawasan langsung dan menindaklajuti jika terdapat hal-hal yang dalam pembahasan melanggar peraturan perundang-undangan.

Ketua TAPD, Edwin Silangen melalui Kepala Inspektorat Sulut, Drs Mecky Onibala saat dikonfirmasi tidak membantahnya. Bahkan, Onibala mengaku bahwa pihak KPK telah mengirim surat edaran khusus terhadap proses pembahasan anggaran.

“Memang benar ada surat edaran dari KPK tertanggal 30 Maret 2021. SE tentang pencegahan korupsi terkait proses perencanaan dan penganggaran APBD tahun 2022 dan APBD-Perubahan 2021,”ungkap Onibala disela-sela pembahasan KUA-PPAS antara TAPD dan Banggar DPRD Sulut, Selasa (24/08/2021).

Dalam surat edaran yang ditanda tangani langsung ketua KPK, Firli Bahuri ingatkan berbagai hal antara lain usulan dalam proses perencanaan yang berasal dari masyarakat melalui Musrenbang, dari perangkat daerah dan dari DPRD melalui Pokok-pokok pikiran (Pokir) hasil reses disampaikan sebelum Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ditetapkan yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

KPK juga mengingatkan agar seluruh jajaran pemerintah daerah menghindari transaksi penyuapan, pemerasan, gratifikasi dan seluruh potensi benturan kepentingan dalam proses perencanaan dan penganggaran APBD.

Bahkan, KPK juga menyatakan dengan tegas akan melakukan pemantauan dalam proses perencanaan dan penganggaran APBD 2022 dan APBD-Perubahan 2021 serta mengambil langkah-langkah konkret jika dalam proses tersebut ditemukan adanya tindakan yang melanggar ketentuan dan perundang-undangan.(mon)